> Madura Bakal "Cerai" dari Jatim, KNTI Bangkalan Usul Kabupaten Pesisir di Wilayah Pantura
|
Menu Close Menu

Madura Bakal "Cerai" dari Jatim, KNTI Bangkalan Usul Kabupaten Pesisir di Wilayah Pantura

Sabtu, 30 Januari 2021 | 00.19 WIB

 

DPD KNTI Kabupaten Bangkalan saat melakukan observasi Terumbu Karang di Pantai Tlangoh, Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan (Dok/Istimewa)

lensajatim id Bangkalan- Wacana " Perceraian"  pulau Madura dari Provinsi Jawa Timur semakin menguat. Berbagai gerakan sebagai dukungan agar Madura menjadi Provinsi tersendiri banyak dilakukan oleh para tokoh Madura diberbagai level. 


Salah satu pengganjal dari Madura menjadi Provinsi adalah syarat administratif yang mengharuskan adanya minimal lima Kabupaten/Kota. Sedang, hingga kini, Madura masih terdiri empat Kabupaten, yaitu Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. 


Wacana pemekaranpun kembali muncul, bila sebelumnya di Kabupaten Sumenep ada wacana Kabupaten Kepulauan, kemudian terbaru Pamekasan juga ada wacana pemekaran menjadi Kabupaten dan Kota. Usulan berbeda datang dari DPD Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kabupaten Bangkalan. 


Menurut Suryadi,Ketua DPD KNTI Kabupaten Bangkalan berharap pemekaran menjadi Kabupaten atau Kota di Madura tidak hanya sekedar untuk memenuhi persyaratan administratif untuk menjadi Provinsi Madura.  Lebih dari itu kata Suryadi, yang harus dipertimbangkan adalah sebagai upaya pemerataan pembangunan, peningkatan kesejahteraan masyarakat. 


Berdasar kajian yang dilakukan oleh KNTI Bangkalan, lanjut Suryadi, pihaknya menilai pemekaran lebih tepatnya dilakukan di daerah pesisir Pantura Madura. Wilayah Pantura kata Suryadi, memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, hanya saja selama ini, secara pembangunan infrastruktur masih terkesan terabaikan.


Tinggal dilakukan kajian lebih serius lagi, Wilayah Pantura mana saja yang bisa digabungkan menjadi wilayah Kabupaten Pantura tersebut. " Kalau itu terwujud saya yakin ketimpangan pembangunan akan akan terurai, dan pemekaran itu akan ada manfaatnya kepada kesejahteraan masyarakat," bebernya. 


Apalagi saat ini, potensi wisata di daerah Madura jalur Pantura mulai ada kemajuan. " Itu juga butuh sentuhan khusus dari pemerintah, bila menjadi Kabupaten sendiri, tentu itu akan lebih muda melakukannya," tandasnya.


Selain itu, Suryadi menambahkan, bila pemekaran benar-benar dilakukan di daerah pesisir,  dirinya meyakini itu akan menjadi  icon  baru dan unik bagi madura yang notebenenya sebagai wilayah kepulauan. " Ada Kabupaten Pesisir yang umumnya harapan pendapatannya bersumber dari ekonomi pesisir dan kelautan, ini akan luar biasa," pungkas Suryadi. (Had)

Bagikan:

Komentar