|
Menu Close Menu

Isu Pembangunan Tol Trans Madura Kembali Mencuat dalam Silaturrahim Tokoh Madura se-Dunia

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 21.26 WIB

 

Tangkap Layar Silaturrahim Tokoh Madura se-Dunia bersama Menkopolhukam RI, Mahfud MD (Dok/Istimewa)

lensajatim.id Jakarta- Silaturahim Menkopolhukam RI, Mahfud MD dengan para tokoh Madura sedunia berlangsung secara virtual hari ini. Sabtu (28/08/2021).


Kegiatan itu dihadiri sejumlah tokoh perantau Madura di luar Negeri maupun dalam Negeri, baik dari Eropa, Timur Tengah, Amerika maupun Australia, antara lain Choirul Anam Ketua PPI Dunia dari Ceko, Syafii Kamil dari Belanda, Gatot Ilhamto dari Amerika dll.


Dari dalam Negeri tampak hadir Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Sekjen Kementerian PUPR RI Dr H Muhammad Zainal Fatah, Sekjen Kementerian Keuangan RI Heru Pambudi, Mendikbud era Orde Baru Wardiman Djojonegoro, Ekonom Didik J Rachbini, Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah, Mantan Kapolri Badroddin Haiti, Pemenang Olimpiade Fisika Internasional Andi Octavian Latif, Sekjen Kementerian Hukum dan HAM Komjenpol Andhap Budi, Budayawan D Zawawi Imron, Tokoh Adat Madura H Ahmad Zaini, Staf Ahli Menteri Luar Negeri Muhsin Shihab, Tenaga Ahli Mabes POLRI Islah Bahrawi, para Anggota DPR RI Dapil Madura serta Bupati se-Madura.


Dalam sambutannya, Menkopolhukam  RI, Mahfud MD mengapresiasi capaian orang-orang Madura saat ini. Menurutnya citra orang madura terbelakang sekarang sudah tidak ada, yang tampil justeru citra sebaliknya. " Maka dari itu kita harus terus meningkatkan capaian-capaian tersebut untuk kemajuan bangsa dan negara," kata Mahfud. 


Dalam pertemuan tersebut muncul berbagai persoalan-persoalan yang disampaikan oleh para peserta silaturrahim secara virtual antara lain : 


1. Urgensi jalan tol trans Madura. Gagasan ini disampaikan oleh H Ahmad Zaini dan beberapa peserta lainnya. Gagasan ini mendapat banyak dukungan di chattroom;

2. Pentingnya kerjasama pemberian beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa Madura di seluruh dunia;

3. Pengarusutamaan pembangunan Sumber Daya Manusia terkait dengan rendahnya IPM Madura;

4. Revitalisasi pendidikan tatakrama khas Madura;

5. Signifikansi dukungan para tokoh Madura di luar pulau Madura kepada 4 Bupati. Kalau pembangunan Madura diserahkan sepenuhnya kepada 4 Bupati, pasti sangat sulit sebab kualitas SDM Madura tidak mencukupi untuk diajak berpacu. Gagasan ini disampaikan oleh H Slamet Junaidi dan Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah.


Firman Syah Ali, salah satu peserta yang hadir dalam kegiatan itu saat dikonfirmasi sangat berharap agar kegiatan tersebut berlangsung secara berkala, agar diaspora Madura semakin akrab dan semakin peduli kepada kampung halaman tercinta. 


Pria yang juga Koordinator Wilayah Jawa Timur Sahabat Mahfud ini memberikan tanggapan terkait gagasan pembangunan jalan tol Trans Madura. Firman Syah Ali mengatakan bahwa pembangunan kualitas SDM jauh lebih penting, sebab kalau kualitas SDM sudah bagus, orang madura akan lebih moderat serta tidak mudah termakan hoax, provokasi dan sejenisnya. 


Penulis Cuitan Viral "Mati Corona Ala Madura" ini mencontohkan masalah penanganan Covid-19 di Madura yang betul-betul rumit, selain harus berhadapan dengan virus corona, pemerintah juga harus berhadapan orang yang tidak percaya, tidak takut dan tidak peduli terhadap corona gara-gara mudah termakan hoax dan provokasi di media sosial. " Berdasarkan contoh itu maka menurut saya  pembangunan kualitas SDM Madura jauh lebih penting daripada pembangunan jalan tol trans madura, atau setidaknya sama penting dengan pembangunan jalan tol trans Madura," pungkas tokoh muda NU Jawa Timur ini.  (Red).

Bagikan:

Komentar