|
Menu Close Menu

G25 Indonesia Bantu Modal Usaha Cak Mat, Penjual Ikan Asin di Bangkalan

Minggu, 10 Oktober 2021 | 22.22 WIB

Tim Relawan G25 Indonesia saat menyerahkan bantuan modal usaha kepada Imam Hidayat di Desa Ujung Piring Bangkalan. (Dok/Istimewa)


Lensajatim.id Bangkalan- Imam Hidayat (40) Warga Desa Ujung Piring, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur menjadi salah satu pemetik manfaat dari program bantuan usaha super mikro dari Yayasan G25 Indonesia. 


Pria yang akrab disapa Cak Mat ini kesehariannya bekerja memancing ikan ke tengah laut dengan menggunakan perahu. Selain itu, ia juga bekerja jasa penyedia perahu bagi orang yang mau memancing. Itu ia lakukan demi menghidupi keluarganya, Cak Mat hidup dengan seorang istri dan dua orang anak.


" Kalau dari mancing tidak menentu mas, kalau dari jasa penyewaan perahu paling bersih dapat 50 ribu rupiah dari harga yang dipatok. Sebab saya juga harus nyetor ke yang punyak perahu," cerita Cak Mat, saat dikunjungi tim G25 Indonesia. Minggu,  (10/10/2021).


Pekerjaannya tersebut sangat bergantung pada cuaca, bila cuaca kurang bersahabat ia terpaksa tidak bisa melaut. Termasuk juga pekerjaannya dalam jasa penyewaan perahu, bila tidak ada yang menyewa, tentu ia tidak bekerja dan tidak dapat penghasilan. " Sedang kebutuhan keluarga harus dipenuhi setiap hari mas," ungkapnya. 


Untuk itulah, Cak Mat juga sempat merintis usaha kecil-kecilan berupa produksi ikan asin. Ikan dari hasil mancing kadang ia keringkan menjadi ikan asin. " Kadang saya juga beli ikan dari temen-temen tuk diproduksi jadi ikan asin," bebernya. 


Dari usaha tersebut, sebenarnya sedikit bisa menopang kehidupan keluarganya. Tetapi kata Cak Mat, karena dengan segala keterbatasan usahanya hanya berjalan ala kadarnya. " Usaha ikan asin juga bergantung cuaca mas, kalau musim penghujan agak sulit tuk jemurnya," katanya. 


Sebenarnya, kata Cak Mat, pasar untuk ikan asin lumayan prospek, tapi ia belum bisa berproduksi dalam skala lumayan besar. Untuk pengembangan usaha tersebut, akhirnya G25 Indonesia memutuskan untuk memberikan bantuan modal usaha. " Kita bantu usaha Cak Mat ini," jelas Dasuki Rahmad, Ketua G25 Indonesia. 


Bantuan yang diberikan G25 Indonesia, berupa modal usaha, kebutuhan untuk usaha ikan asin. Mulai dari plastik agar kemasannya lebih menarik, bumbu, garam, ikan yang akan diasinkan, timbangan serta beberapa kebutuhan lainnya. 


Dengan bantuan tersebut, lanjut Dasuki, pihaknya berharap usaha Ikan Asin Cak Mat berjalan bahkan bisa berkembang menjadi lebih besar. Pihaknya juga akan membantu mempromosikan atau memasarkan produk tersebut nantinya kepada masyarakat luas. " Semoga ini bermanfaat, dan yang terpenting modal yang sudah kita berikan jangan sampai habis, tapi harus diputar, harus dikembangkan usahanya dan suatu saat tentu bisa menjadi besar," pungkasnya. (Red)

Bagikan:

Komentar