|
Menu Close Menu

Jurnalis Nahdliyin Silaturahmi ke Pondok Kiai Marzuki Mustamar di Malang

Jumat, 03 Desember 2021 | 20.59 WIB

 

Forum Jurnalis Nahdliyin silaturahmi ke Ponpes Kiai Marzuki Mustamar .(Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Malang- Forum Komunikasi Jurnalis Nahdliyin (FJN)  silaturahmi ke Ponpes Sabilurrosyad yang diasuh Ketua PWNU Jatim, Kiai Marzuki Mustamar, Jum'at (3/12/2021).


Dalam kesempatan tersebut sekaligus FJN yang diwakili Koordinator Didi Rosadi menyerahkan cindera mata berupa foto  pigora. Kebetulan Kiai Marzuki mendapatkan award sebagai tokoh berpengaruh Jatim tahun 2021 ini versi FJN. 


Namanya, satu dari 12 tokoh yang dianggap memiliki pengaruh kuat sebagai sosok seorang tokoh di Indonesia asal Jawa Timur.


Pada moment tersebut Kiai Marzuki sekaligus menunjukkan protap protokol kesehatan yang diterapkan di pondoknya. Protap tersebut dilakukan termasuk juga saat menggelar shalat Jumat secara terbuka. Dimana tamu dari luar boleh ikut melaksanakan ibadah di sana.


Protapnya ialah tidak berlama-lama di masjid. Paling lama maksimal dibatasi selama 10 menit saja.


"Kalau dihilangkan tak mungkin, tapi diganti kebijakan tak usah lama-lama. Semua sudah wudhu hadap barat sehingga tak hadap-hadapan, lalu angin keluar masuk karena pintu dan jendela dibuka," kata Kiai Marzuki.


Menurut dia ini adalah cara aman untuk menghindari Covid-19, disamping juga penggunaan masker. "Lalu menghindari covid protapnya kaca pintu dan jendela masjid dibuka tanpa kipas dan AC angin luar itu lebih praktis," bebernya.


Kiai Marzuki menjelaskan jika di masjid itu mulai ngawali khutbah sampai selesai sekitar 10 menit. "Alhamdulillah dua tahun pondok tak pernah libur termasuk pas jumatan," tuturnya.


Selain menghindari covid jumatan secara cepat ini juga bisa membuat karyawan atau pekerja memiliki waktu luang istirahat siang lebih lama. "Banyak karyawan pabrik ke sini mereka berharap sekali jumatan tak lama-lama. Setelahnya bisa ke warung makan lalu ngopi," lanjutnya.


Selain itu imbuh dia banyak orang awam angkatan tahun 1965 jika diberi materi khutbah berat dan lama kurang begitu merasakan kenyamanan. "Tapi kalau shalat praktis tidak peduli mereka eks 65 pada mau ke masjid. Pertimbangan kemaslahatan," pungkas pria yang juga mengajar di UIN Maliki Malang ini. (Red)

Bagikan:

Komentar