|
Menu Close Menu

Wacana Muktamar Satu Abad NU di Surabaya, Wagub Emil Ikut Berikan Dukungan

Kamis, 30 Desember 2021 | 18.46 WIB

 

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak menerima penghargaan sebagai Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2021 dari Forkom Jurnalis Nahdliyin. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya-  Wacana Muktamar NU ke-35 pada tahun 2026 yang bertepatan dengan satu abad Nahdlatul Ulama dilaksanakan di Kota Surabaya semakin menguat. Sebelumnya, wacana itu dilontarkan oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.


Terbaru, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak juga mendukung Muktamar Satu Abad NU diselenggarakan di Kota Pahlawan. Sekretaris Dewan Penasehat GP Ansor Jatim itu menilai, sangat beralasan kalau Muktamar 35 di laksanakan di Surabaya. Menurut Emil, hal tersebut bagian dari napak tilas sejarah berdirinya NU di Surabaya pada 31 Januari 1926.


"NU lahir di Kota Surabaya, Muktamar NU pertama yang memilih KH Hasan Gipo juga dilaksanakan di Surabaya. Saya kira sangat beralasan kalau Muktamar memdatang juga di Kota Surabaya. Mungkin nanti bisa terintegrasi dengan Kabupaten Sidoarjo dan Gresik," tutur pejabat yang akrab disapa Mas Emil itu, Kamis (30/12/2021).


Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jatim tahun 2021 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN) ini mengungkapkan, NU mempunyai benang merah yang kuat dengan Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur. Karena itu, tentu pemprov Jatim sangat mendukung bila Wali Kota Surabaya menawarkan diri sebagai tuan rumah Muktamar NU ke-35.


Cucu Mbah Dardak, ulama besar asal Trenggalek ini menambahkan, Muktamar NU di Surabaya juga tepat untuk kembali mengingatkan resolusi jihad yang diserukan oleh KH Hasyim Asy'ari. Menurut Emil, tanpa resolusi jihad tak akan ada 10 Nopember 1945 yang sangat heroik, sehingga kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional.


"Resolusi jihad lah yang menggerakkan para santri dan pemuda Kota Surabaya dan daerah lain di Jawa Timur untuk berjihad di medan perang melawan tentara sekutu. Resolusi jihad juga dirumuskan dan diserukan di kantor PBNU pertama di Jalan Bubutan, Kota Surabaya," imbuh Emil Dardak.


Terkait penghargaan yang ia terima sebagai Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2021, Emil mengaku apresiasi ini akan menjadi motivasi dirinya untuk berbuat lebih baik lagibke depan. Ia pun mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut.


Peraih gelar doktor termuda pada usia 22 tahun dari Ritsumeikan Asia Pasific University Jepang ini berharap ke depan, Forkom Jurnalis Nahdliyin bisa menemukan sosok inspiratif yang belum muncul ke permukaan. Sebab, ia yakin masih banyak anak muda NU di Jatim yang punya karya inspiratif tapi belum terpublikasi secara luas.


"Penghargaan yang diinisiasi FJN ini sangat bagus sebagai bentuk apresiasi bagi anak muda NU yang telah berkarya di bidangnya masing-masing. Ini juga bisa menjadi motivasi sekaligus inspirasi bagi generasi muda nahdliyin, khususnya di Jawa Timur," pungkas mantan pengurus PCI NU Jepang ini.


Seperti ditulis beberapa media, tepat pada tanggal 28 Oktober 2021 ForKom Jurnalis Nahdliyin merilis 12 Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Jawa Timur 2021 sebagai berikut :

* Emil Elestianto Dardak, Ph.D
(Wakil Gubernur Jatim)

* Anwar Sadad, S.Ag, M.Si
(Wakil Ketua DPRD Jatim)

* Eri Cahyadi, ST, MT
(Wali Kota Surabaya)

* KH Abdussalam Shohib
(Wakil Ketua PWNU Jatim)

* Ahmad Muhdlor Ali, S.I.P
(Bupati Sidoarjo)

* Fandi Akhmad Yani, SE
(Bupati Gresik)

* Muhammad Al Barra, Lc, M.Hum
(Wakil Bupati Mojokerto)

* Mohammad Haerul Amri, SP, M.Pd
(Wakil Ketua Umum PP GP Ansor)

* Fauzan Fuadi, S.I.Kom
(Ketua F-PKB DPRD Jatim)

* AKBP Rofiq Ripto Himawan, SIK, SH, MH. (Kapolresta Mojokerto)

* Dewi Mariya Ulfa, ST
(Wakil Bupati Kediri)

*. Dr. Surokim Abdussalam
(Dekan FISIB Univ Trunojoyo Madura)

(Red).

Bagikan:

Komentar