|
Menu Close Menu

434 Penumpang KM Sabuk Nusantara 91 Berhasil Dievakuasi

Kamis, 05 Mei 2022 | 22.15 WIB

Proses Evakuasi KM Sabuk Nusantara 91. (Dok/Istimewa). 

Lensajatim.id, Sumenep- KM Sabuk Nusantara 91 yang bertolak dari Pelabuhan Sapeken mengalami accident Kandas di sekitar Pulau Salarangan Sapeken sekitar 5 NM dari Pelabuhan Sapeken Sumenep  Kamis 5 Mei 2022 Pukul 13.00 Wib


Edi Kuswanto selaku Kepala Syahbandar Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Sapeken setelah berkoordinasi dengan Nakhoda KM Sabuk Nusantara 91 Capt Kuseno untuk melakukan upaya olah gerak untuk lepas kandas dan ternyata tidak berhasil. 


Karena kondisi air mulai surut, maka untuk menghindari kepanikan penumpang,  Edi memerintahkan kepada Team QRT KPLP UPP Sapeken untuk melakukan evakuasi penumpang. 


"Accident ini karena Nakhoda terlalu kekiri dalam mengambil haluan kapal.Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, semua penumpang berhasil dievakuasi menuju Pelabuhan Sapeken dengan menggunakan 1 Kapal Patroli KPLP dan sekitar 10 Kapal Layar Motor dari Masyarakat Maritim Sapeken," terang Edi dalam keterangan tertulisnya. Kamis, (05/05/2022).


Kepada awak media dan masyarakat, Edi memohon doa agar KM Sabuk Nusantara 91 besok siang atau Jum'at bisa segera lepas kandas karena posisi air pasang tertinggi.


 Pada kesempatan itu juga Edi juga menyampaikan sesuai dengan arahan Plt Dirjen Perhubungan Laut Capt Mugen S Sartoto bahwa KM Sabuk Nusantara 115 yang sedang di Surabaya segera diberangkatkan menuju Pelabuhan Sapeken untuk melayani arus balik penumpang. 


Mewakili Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Edi menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat maritim Sapeken dan instansi terkait yang telah bekerja sama dalam proses evakuasi penumpang. (Yud).

Bagikan:

Komentar