|
Menu Close Menu

Prabowo Kunjungi Ponpes Tebuireng Jombang

Kamis, 05 Mei 2022 | 15.28 WIB

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto saat mengunjungi Ponpes Tebuireng Jombang. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jombang - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bersilaturahim ke sejumlah pesentren di Kabupaten Jombang. Diantaranya, Pondok Pesantren Tebuireng dan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas.


Di Pesantren Tebuireng, Prabowo ditemui langsung oleh pimpinan pesantren KH Abdul Hakim Mahfudz atau kerab dipanggil Gus Kikin. Sedangkan, di Ponpes Bahrul Ulum juga ditemui langsung oleh Ketua Majelis Pengasuh KH Hasib Wahab Chasbullah.


Kepada pimpinan Gus Kikin dalam pertemuannya di dhalem kasepuhan, Menteri Pertahanan RI tersebut menyampaikan maksud tujuannya melakukan kunjungan ke Tebuireng.


" Maksud tujuan saya ke Pesantren Tebuireng tidak lain hanya untuk bersilaturahmi di momen hari raya Idul Fitri ini," ungkapnya kepada Gus Kikin dan dzurriyah Tebuireng, Rabu (04/05).


Ia menambahkan, kebetulan sudah sejak lama dirinya merasa dekat dengan keluarga Pesantren Tebuireng." Mulai dari Gus Dur, Pak Ud (KH Yusuf Hasyim Pengasuh ke-6 Tebuireng), Gus Sholah dan lainnya," ujarnya.


Perasaan dekat tersebut, menurut Prabowo membuatnya merasa seolah-olah mendapatkan energi kembali, usai silaturahmi ke Tebuireng.


Purna Letjend TNI itu juga menegaskan, karena sekarang sudah memasuki musim pemilihan, maka pasti, apa yang saya buat disangka mengandung unsur politik," tandasnya.


Karena itu, lanjutnya, saya benar-benar menjaga posisi sebagai menteri untuk tidak menggunakan hari tugas saya untuk melakukan hal-hal yang tidak berhubungan langsung dengan kinerja.


Usai berbincang di dhalem kasepuhan, Prabowo beserta rombongan dan pimpinan Ponpes berziarah dan berdoa bersama di makam KH Hasyim As'ary dan Presiden ke IV KH Abdurrahman Wahid, serta keluarga besar pesentren Tebuireng.


Pada kesempatan itu, Gus Kikin mengungkapkan, kehadiran Prabowo ini dalam rangka silaturahim. Sejak dulu beliau dekat denga  keluarga besar pesantren Tebuireng.


" Dari dulu, mulai zaman KH. Yusuf Hasyim, Pak Prabowo ini sudah kenal dan akrab dengan keluarga Tebuireng. Makanya kedatangan panjenengan ke sini itu kita merasa sudah saling akrab," tuturnya, saat berada didhalem kasepuhan.


Dalam forum silaturahim itu, Gus Kikin menerangkan bahwa, KH  Hasyim Asy'ari itu sangat menekankan ukhuwah atau persatuan. Makanya, keluarga besar Pesantren Tebuireng ini, kita semua harus menjaga persatuan Indonesia.


Karena ini sangat penting, ada 2 hal yang ditinggalkan oleh Hadratussyaikh, yaitu pertama ilmu, yang kedua persatuan," imbuhnya.


Kata Gus Kikin, kami melihat Pak Prabowo ini memiliki semangat untuk Pesantren yang luar biasa." Maka kita sambut dari Tebuireng, bersama-sama kita semua dengan semangat persatuan dapat menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat," pungkasnya.


Usai dari Ponpes Tebuireng, Prabowo melanjutkan silaturahim ke Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas. Disini, ia ditemui langsung oleh Majelis Pengasuh KH Hasib Wahab bersama keluarga besar pesantren yang dibesarkan oleh Tokoh Pendiri dan Penggerak Nahdlatul Ulama, KH Wahab Chasbullah. (Red).

Bagikan:

Komentar