|
Menu Close Menu

Indonesia Juara Piala AFF U-16, Gubernur Khofifah Bangga Lima Pemain Timnas U-16 Berasal dari Jatim

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21.52 WIB



Lensajatim.id, Surabaya-  Timnas Indonesia U-16 berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Timnas Vietnam 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (12/8). 


Gol semata wayang yang dicetak Kafiatur Rizky membuahkan prestasi dan menjadi kado yang indah untuk HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. 


Sementara bagi masyarakat Jawa Timur sendiri ada kebanggaan tersendiri. Sebab, lima orang pemain Timnas U -16 tersebut berasal dari Jawa Timur. 


Mereka adalah Muhammad Narendra Tegar Islami asal Kota Mojokerto, Muhammad Rizki Afrizal asal Blitar, Arkhan Kaka Putra asal Blitar, Andhika Putra Setiawan asal Tulungagung, dan Figo Dennis Saprutananto asal Kota Probolinggo. 


Atas prestasi yang diraih Timnas Indonesia tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan selamat sekaligus rasa bangganya. Prestasi yang diraih Timnas Indonesia menurut Khofifah tidak hanya membanggakan Jawa Timur, namun juga Indonesia. 


"Alhamdulillah timnas kita membawa harum nama Indonesia di Piala AFF U-16. Kami semua dari Jawa Timur ikut bangga karena di dalam timnas ada lima pemainnya berasal dari Jatim," katanya dari Gedung Negara Grahadi, Sabtu (13/8/2022).


"Semoga prestasi ini dapat menjadi pelecut dan penyemangat bagi atlet-atlet asal Jatim lainnya untuk terus berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional," lanjutnya. 


Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 melangkah ke final dan berhasil keluar sebagai juara karena kerja keras setiap elemen, terutama para pemain. Utamanya 5 pemain dari Jawa Timur tampil Piala AFF U-16 2022 di bawah asuhan Pelatih Bima Sakti.


Secara khusus, Gubernur Khofifah memperkenalkan para atlet dan kiprahnya dalam cabor sepak bola. Yang menurutnya sangat layak menjadi motivasi bagi arek-arek Jawa Timur yang lain bersamaan dengan momentum HUT RI ke 77 bulan Agustus 2022.


Nama pertama Narendra Tegar Islami berasal dari Mojokerjo, Jawa Timur. Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar tak perlu diragukan lagi karena merupakan salah satu pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.


Remaja yang lahir pada 2006 ini, merupakan anak dari pasangan Aiptu Muhammad Soleh dan Evi Astri. Diketahui, Tegar sebelumnya memulai karier sepak bola dari sekolah sepak bola (SSB) Internal Mojokerto. Di Timnas, Pemain bernomor punggung 12 itu bermain sebagai motor serangan Garuda Muda dan kini membela klub Borneo FC. 


Kedua, Muhammad Rizki Afrizal. Putra daerah Blitar ini bergabung dengan Timnas Indonesia U-16 setelah lolos seleksi tingkat Jatim (Jawa Timur) hingga nasional.


Kemampuan Rizki Afrizal di lapangan hijau patut diacungi jempol. Kala Timnas Indonesia U-16 melawan Myanmar di semifinal, Rizki Afrizal menyumbangkan satu gol. Gol yang dicetak pemain bernomor punggung 25 itu berjasa untuk meloloskan Garuda Asia ke final Piala AFF U-16 2022. 


Nama selanjutnya, Andhika Putra Setiawan berasal dari Tulungagung, Jawa Timur. Pemain berumur 16 tahun itu kini berkarier di Madura United. Sebelumnya, Andhika telah mengikuti pusat pelatihan Timnas U-16 sebanyak tiga kali, yaitu pada Maret, April, dan Juli 2022. Akan tetapi, dia belum pernah tampil di Piala AFF U-16 2022 karena cedera.


Kemudian ada nama Figo Dennis Saputrananto. Pria kelahiran Probolinggo 28 April 2006 itu berposisi gelandang dan kini bernaung bersama Persija Jakarta U-16. Sebelumnya, Figo mengawali karir sepak bola bersama Imran Soccer Academy tahun 2018 dan Ricky Nelson Academy Lawang tahun 2018-2021. 


Berbekal pengalaman bermain di klub selevel Persija Jakarta, Figo Dennis memiliki ambisi besar demi memenangkan kompetisi. Jadi, tak heran bila Figo Dennis bisa tampil moncer di Piala AFF U-16 2022.


Nama terakhir adalah Arkhan Kaka Putra. Memiliki nama tengah yang mirip dengan legenda sepak bola Brasil, Ricardo Kaka. Pemain yang kerap disapa Arkhan Kaka ini merupakan putra Blitar yang bergabung bersama Timnas Indonesia U-16 melalui jalur pemantauan bakat. Dia bermain di posisi penyerang. 


Selama bermain bersama Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022, Arkhan Kaka mampu tampil apik. Ia sudah mencetak dua gol sejauh ini. Saat ini pemain bernomor punggung 8 itu membela klub Persis Solo.  


Gubernur Khofifah berharap, prestasi yang diraih menjadi tambahan motivasi dalam menghadapi kejuaraan bergengsi internasional lainnya, yakni Olimpiade. 


"Kami harap prestasi ini tidak hanya berhenti di sini. Tapi pemain Jatim yang tergabung dalam timnas dan atlet-atlet Jatim lainnya bisa terus berprestasi di kancah internasional lainnya, seperti Olimpiade atau untuk cabor sepak bola bisa berprestasi di Piala Dunia. Dan berhasil membawa harum nama Indonesia," harapnya.


Gubernur Khofifah juga berpesan kepada 5 pemain asal Jatim yang membela Timnas Indonesia U-16 agar gigih berlatih dan tidak cepat berpuas diri. Sehingga, prestasi demi prestasi dapat diraih dalam setiap event. 


"Sekali lagi saya ucapkan selamat untuk pelatih, staf serta 28 pemain Timnas Indonesia U-16 khususnya kelima pemain yang berasal dari Jatim. Semoga Ke depan Pandawa Lima dari Bumi Majapahit terus mengharumkan nama Indonesia di level ASEAN, Asia hingga dunia," pungkasnya. (Rilis).

Bagikan:

Komentar