|
Menu Close Menu

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur Apresiasi Think Indonesia Activity Center dan Workshop

Minggu, 28 Agustus 2022 | 23.45 WIB

Cici Esti Nalurani founder Think Indonesia saat memberikan cinderamata kepada Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Dr. Andromeda Qomariah. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Surabaya- Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM)  Provinsi Jawa Timur Dr. Andromeda Qomariah mengapresiasi dilaunchingnya Think Indonesia Activity Center & Workshop di Jalan Mastrip Nomor 28-28A Kota Surabaya. Minggu, (28/08/2022).


Menurutnya Think Indonesia Activity Center & Workshop ini dapat mempermudah masyarakat untuk memasarkan produk UMKMnya di era digitalisasi saat ini.


"Saya rasa ini sangat luar biasa. Langkah Think Indonesia ini sangat membantu masyarakat dalam mempercepat digitalisasi marketing UMKM di Jawa Timur," ujarnya usai mengisi Podcast Think Indonesia Activity Center & Workshop. 



Salah satu kegiatan pelatihan peserta di Studio Kitchen Think Indonesia Activity Center & Workshop. (Dok/Istimewa).


Saat ini, lanjut Andromeda, Pemprov Jatim telah melakukan percepatan UMKM. Pada akhir tahun 2021 UMKM Jawa Timur meningkat menjadi 57,81 persen. Semua itu, dikarenakan masyarakat mulai peka terhadap pemasaran melalui digital.


"Pada akhir tahun 2021, digitalisasi di Jawa Timur mencapai 44 persen. Pada pertengahan Juli 2022 mencapai 46 persen. Artinya pada 2024 nanti target 50 persen bisa tercapai," jelasnya.


Di samping itu, Andromeda juga menargetkan percepatan Nomor Induk  Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM.


"Kami akan terus melakukan sosialisasi dan konsolidasi ke pasar-pasar untuk perizinan NIB. Kami juga meminta agar Kantor Perpajakan segera sosialisasi kepada masyarakat terkait perpajakan UMKM. Jika omset dibawah 500 juta itu tidak dikenai pajak," pungkasnya.


Ditempat yang sama, Founder Think Indonesia Cici Esti Nalurani mengatakan banyak fasilitas lab studio yang disediakan Think Indonesia Activity Center & Workshop. Diantaranya ada studio podcast, studio 3D printing, kitchen studio, studio animation, studio photo & greenscreen denga harga yang relatif murah.


"Tadi semua tamu dipersilahkan masuk untuk melihat semua studio workshop. Selain itu kita tadi juga mengadakan seminar yang diisi Yosi Makalu ketua umum Siberkreasi tentang Bagaimana Cara Bijak dalam Pemanfaatan Dunia Digital Metaverse," terang Cici Nalurani.


Ada juga seminar kedua yang diisi oleh Rian Septrianto Maulana (Ketua Gekrafs Jawa Timur) tentang 'Pemanfaatan Digital Trend Dalam menumbuhkan Peluang Usaha'.


"Dan juga ada pelatihan Digital Marketing yang ditempatkan di Studio Podcast dengan Narasumber Dr. Andromeda Qomariah, M.M selaku Kepala Dinas Koperasi Jawa Timur dan Mira Sahid sebagai Wakil Ketua Siberkreasi," pungkas Cici. (Red).

Bagikan:

Komentar