|
Menu Close Menu

Solusi Bagi Warga Terdampak Covid 19 di Kabupaten Bekasi, Dosen UPNVJ Tawarkan Urban Farming

Senin, 08 Agustus 2022 | 17.42 WIB

Penyuluhan Tentang Urban Farming oleh Dosen UPNVJ di Grand Mall, Kranji, Kota Bekasi. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bekasi- Dosen UPN "Veteran" Jakarta menyebut penerapan Urban Farming sangat cocok bagi masyarakat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 


“Manfaat dari penerapan Urban Farming bagi penduduk di perkotaan adalah sebagai alternatif lapangan pekerjaan dan penyediaan pangan bagi penduduk terdampak Covid-19”, ucap Dr. Purwanto Widodo, S.Si. M.Si, dalam kegiatan penyuluhan dan sosialisasi  yang dilaksanakan di Grand Mall, Kranji, Kota Bekasi pada hari Sabtu, 4 Juni 2022.


Menurutnya, Urban Farming dapat menjadi salah satu komponen dalam pencapaian pemenuhan pangan masyarakat yang berkelanjutan. Bila Urban Farming direncanakan dengan baik akan dapat mendukung masalah ketahanan pangan.


Alasan memilih Urban Framing sebagai startegi, menurut Purwanto, karena terdapat kelebihan bila dibandingkan dengan kegiatan pertanian konvensional. Ia memiliki karakteristik khusus, seperti memanfaatkan lahan terbatas, menggunakan sumber daya kota seperti sampah organik, anorganik dan limbah domestik.


Selain itu, menurutnya, Urban Farming dapat menjadi model rekreasi, ekonomi dan kewirausahaan, penelitian, kesehatan dan kesejahteraan serta permulihan dan perbaikan lingkungan.


Pelaksanaan Urban Farming dilakukan melalui pemanfaatan lahan tidur dan lahan kritis, pemanfaatan ruang terbuka hijau (privat dan publik), pengoptimalan kebun sekitar rumah, dan penggunaan ruang (verticulture).


“Urban Farming cocok diterapkan di Kabupaten Bekasi sebagai kota maju dan dilanda Covid-19 semenjak bulan Maret 2020. Sebagai contoh di Belanda, 33% dari total prduksi pertanian diperoleh dari pertanian perkotaan. Sedangkan di Vancouver, Canada lebih dari 40% penduduknya terlibat dalam pertanian perkotaan, " sebut Purwanto.


Maka itu, Urban Farming dapat memberikan kontribusi penyelamatan lingkungan dengan pengelolaan sampah berbasis reuse dan recyle” lanjut Purwanto dalam sesi akhir acara.


UPN “Veteran” Jakarta, berharap dengan adanya, penyuluhan ini, dapat menjadi solusi yang fantastis bagi warga Bekasi. Tim pengabdian UPN “Veteran” Jakarta menyatakan bersedia untuk mendampingi mereka mulai dari hulu sampai dengan hilir.(Red).

Bagikan:

Komentar