|
Menu Close Menu

Rapat Paripurna LKPJ Tanpa Kehadiran Bupati Sumenep

Selasa, 14 Maret 2023 | 12.53 WIB

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumenep Penyampaian Nota Penjelasan Bupati terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2022. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Sumenep- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumenep dengan agenda Penyampaian Nota Penjelasan Bupati terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2022 dan 3 Raperda, yang digelar di Graha Paripurna DPRD setempat, Senin (13/3/2023), ternyata digelar tanpa kehadiran Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. 


Tampak, Bupati hanya diwakili oleh Sekretaris Daerah Edy Rasiyadi. Dalam forum tersebut, Edy menyampaikan bahwa  LKPJ tahun anggaran 2022 merupakan kewajiban yang diamanatkan oleh konstitusi. Dengan tujuan sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah selama satu tahun.


“Dalam nota LKPJ menggambarkan mengenai visi misi, laporan pengelolaan keuangan dan capaian kinerja pemerintahan selama satu tahun di 2022,” katanya.


Merespon hal tersebut, Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Sumenep, M. Muhri mengaku menyayangkan tidak hadirnya Bupati Fauzi. 


" Nyatanya Bupati Sumenep tidak  hadir dan diwakili Sekda," terang Muhri saat dikonfirmasi media. Selasa, (14/03/2023).


Menurut Muhri, penyampaian LPKJ merupakan amanat konstitusional Kepala Daerah untuk menyampaikan kepada DPRD laporan realisasi anggaran setiap tahun.


" Itu sesuai Permendagri nomor 18 tahun 2020, PP nomor 13 tahun 2019," tukas Muhri. 


Mantan Ketua PC PMII Sumenep lalu menyoroti beberapa hal terkait penyampaian LKPJ Bupati. Menurutnya beberapa data yang disampaikan kurang sesuai dengan fakta di lapangan. 


Selain itu, lanjut Muhri, berdasarkan apa yang disampaikan dalam LKPJ Bupati dan dianggap sebagai keberhasilan Pemkab menurutnya, belum tampak sebagai keberhasilan. 


Saat disinggung, soal data detail tentang program yang dianggap gagal dan tidak sesuai kenyataan di lapangan, Muhri menjawab dengan diplomatis. 


" Nanti kita akan bahas dan pertajam semuanya di Pansus LKPJ Bupati, " pungkas mantan Ketua PC GP Ansor Sumenep ini. (Yud/Had/Red).

Bagikan:

Komentar