|
Menu Close Menu

Bersama Warga, Deni Prasetya Panen Pisang Cavendish

Kamis, 25 Mei 2023 | 20.10 WIB

Anggota DPRD Jatim, Deni Prasetya panen pisang cavendish di Dusun Geladak Langsep, Desa Sumber Jambe, Jember. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya - Anggota DPRD Jawa Timur, Deni Prasetya berinisiatif mengoptimalisasi lahan warga di sekitar rumah untuk ditanam bibit pisang cavendish. Ikhtiar yang dilakukan sekitar 9 bulan lalu itu membuahkan hasil dengan panen raya pisang cavendish yang punya nilai ekonomis tinggi.


Deni mengungkapkan total ada 150 kepala keluarga (KK) yang menanam bibit pisang cavendish. Mereka warga Dusun Geladak Langsep, Desa Sumber Jambe, Kecamatan Sumber Jambe, Kabupaten Jember.


"Kami mengoptimalisasi lahan kosong yang ada di depan, belakang atau samping rumah dengan menanam bibit pisang cavendish. Alhamdulillah, setelah 9 bulan, kini kami bisa penen pisang cavendish," kata Deni, Kamis (25/5/2023).


Anggota Fraksi NasDem DPRD Jatim ini mengungkapkan, pihaknya melakukan pendampingan kepada warga. Sejak penanaman bibit, perawatan pohon, hingga saat panen.


Bahkan, lanjut Deni, pihaknya bekerjasama dengan Sadulure Salawase Center juga melakukan pendampingan pasca panen. Baik pemasaran sampai produksi olahan pisang cavendish. Dengan kata lain, pendampingan yang dilakukan mulai hulu hingga hilir.


"Untuk pisang yang kualitasnya kurang bagus, kita olah jadi keripik pisang. Batang pisangnya kita fermentasi untuk pakan ternak dan pupuk. Jadi semua bagian bermanfaat dan bernilai ekonomis," ujar putra tokoh masyarakat Jember, Haji Marzuki Abdul Ghofur itu.


Kader Ansor Jatim asal Kencong ini berharap pendampingan yang ia lakukan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar. Tentunya termasuk warga nahdliyin yang mayoritas di Desa Sumber Jambe.


Karena itu, dalam kegiatan pendampingan tersebut, ia melibatkan keluarga besar NU. Baik itu, GP Ansor, Muslimat NU, hingga pengurus ranting NU setempat. 


"Alhamdulilah, saya juga dibantu Pak Wafi yang merupakan pengurus ranting NU Sumber Jambe, dan Bu Rina ketua kelompok Jamiah Yasinan Muslimat NU," pungkas Deni. (Red)

Bagikan:

Komentar