|
Menu Close Menu

Bupati Fauzi Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Lokal pada Parade Musik Tong-tong

Minggu, 11 Juni 2023 | 15.56 WIB


Parade Musik Tong-tong semarak Juni Bulan Bung Karno di depan Rumah Dinas Bupati pada Sabtu (10/06/2023). (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim), menggelar parade Musik Tong-tong semarak Juni Bulan Bung Karno di depan Rumah Dinas Bupati pada Sabtu (10/06/2023) tadi malam.


Dalam parade Musik Tong- tong tersebut menampilkan sebanyak enam kelompok, yakni Gong Mania, Lanceng Kermata, Putera Siding Puri, Pangeran Wiraraja, Pangeran Soengenep dan Pornama Alam.


Diketahui, musik tong-tong merupakan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Kabupaten Sumenep yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI).


Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan bahwa dengan ditetapkannya musik tong-tong sebagai warisan budaya, sehingga seluruh masyarakat hendaknya menggunakan seni budaya itu dalam kehidupan sehari-hari sebagai sebuah kebanggaan. 


"Dalam rangka menumbuhkan seni budaya ini kepada generasi muda, sebagai upaya membentengi dirinya dari pengaruh budaya luar yang kurang baik. Juga sebagai  mewarisi budaya leluhur," katanya, Sabtu (10/06/2023) tadi malam.


Oleh sebab itu, lanjut Ketua DPC PDIP Sumenep itu, masyarakat selalu menjaga, merawat serta melestarikan musik tradisional tongtong, agar anak cucu bisa menikmati seni budaya itu sepanjang waktu.


“Pemerintah daerah mengharapkan, seni budaya musik tongtong ini terus bertahan dan lestari di tengah-tengah masyarakat tidak tergerus perubahan zaman apapun,” jelasnya.


Bupati Fauzi menambahkan, peran masyarakat dalam melestarikan musik tongtong dan seni budaya lainnya, karena seni budaya itu perlu dukungan semua elemen di Kabupaten Sumenep.


"Untuk peduli demi menghadapi  perkembangan zaman supaya tidak hilang begitu saja. Seluruh masyarakat memberikan kontribusi positif mencintai kesenian dan kebudayaan seperti musik tongtong ini," tandasnya. (Zi/Red)

Bagikan:

Komentar