|
Menu Close Menu

Bantu Keluarga Dhuafa, IKSM Gelar Khitan Massal

Kamis, 13 Juli 2023 | 18.12 WIB

Khitan Massal yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Sang Matahari (IKSM) yang berpusat di Sidoarjo. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Sidoarjo – Ikatan Keluarga Sang Matahari (IKSM) yang berpusat di Sidoarjo terus berkomitmen mewujudkan aktivitas sosialnya menggelar khitan massal yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Sidoarjo pada Minggu, (9/7/2023) beberapa hari yang lalu.


Founder sekaligus Pembina IKSM, M Samsul Arifien mengatakan, kegiatan khitan massal ini menjadi agenda rutin tahunan di moment liburan sekolah jelang tahun ajaran baru. "Libur panjang sekolah anak menjadi momentum yang tepat IKSM menggelar kegiatan ini, dengan harapan untuk membantu masyarakat sekitar yang kurang mampu 'dhuafa' untuk mengkhitankan anaknya," terangnya.


M Samsul Arifien mantan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, sejak purna dari ASN dirinya semakin produktif mendirikan lembaga sosial IKSM dan sibuk sebagai penulis novel dan buku, pengajar hingga motivator. "Di IKSM ini saya berusaha memberikan energi sedekah yang positif untuk berbagi ilmu, menulis, mengajar dan beraktivitas sosial," katanya.


Samsul menceritakan, lembaga sosial IKSM yang didirikan mempunyai beragam aktivitas sosial, pendidikan dan kegiatan seni. "Kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan, IKSM memberikan pendidikan gratis kepada masyarakat umum dan komunitas pertanian. Bidang seni membuat lagu dan bermain musik, tampil di Televisi, Program Lagu Rindu TVRI Jawa Timur. Dan dibidang kesehatan memberikan layanan pengobatan gratis kepada masyarkaat. Khitan massal ini salah satunya,” tambahnya.


Program dibidang sosial lainnya, IKSM juga melaksanakan aktivitas sedekah Jumat Berkah dengan membagikan makanan nasi kotak kepada warga sekitar, kunjungan ke panti asuhan yatim dan dufa, TPQ dan madrasah, pesantren di daerah-daerah guna membagikan sedekah jariyah dan zakat serta membagikan paket sembako kepada duafa. 


Samsul Arifien menambahkan, rencananya khitan massal tidak hanya dilaksanakan di Sidoarjo, tetapi di daerah-daerah lainnya seperti Kabupaten Tulungagung.


"Rencananya kegiatan khitan massal ini selain dilaksanakan di Sidoarjo juga akan dilaksanakan di Kabupaten Tulungagung," terangnya.


Kegiatan sosial IKSM lainnya kata Samsul, yakni sedekah air sumur tanah melakukan pengeboran untuk lembaga pendidikan dan mushola. "Jika ada pesantren, TPQ, Musholah kami akan fasilitasi pengeboran dan penyediaan pompa airnya. Informasi dan layanan bisa menghubungi sekretariat IKSM di Sidoarjo atau bisa melalui website kami www.sangmatahari.com," jelasnya. (Fur)

Bagikan:

Komentar