|
Menu Close Menu

Gelar Simulasi, SMK Medika Assarbini Siap Menuju Sukses ANBK 2023

Kamis, 03 Agustus 2023 | 19.54 WIB

Guru dan Siswa foto bersama KH. Masyhudi (Ketua Yayasan) dan Abdur Rahman (Kepala Sekolah). (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Medika Assarbini Blega Kabupaten Bangkalan Jawa Timur menggelar Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Simulasi yang dilaksanakan di Ruangan ANBK sewaktu ini digelar pada Kamis 3 Agustus 2023 diikuti oleh 33 siswa kelas XI.


Kepala SMK Medika Assarbini, apt. Abdur Rahman, S.Si., M.Kes mendukung penuh simulasi ANBK serta berharap bahwa kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk memberikan gambaran atau arah perkembangan sekolah dan meningkatkan kemampuan siswa melalui simulasi pengerjaan soal. Disamping itu, kegiatan ini memberikan bukti kepada masyarakat bahwa SMK dengan Konsentrasi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas ini dikelola dengan serius dan sungguh-sungguh demi menghasilkan lulusan yang unggul, kompeten dan berdaya saing .


“Kegiatan ini membuktikan bahwa kami sebagai pimpinan benar-benar ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada para peserta didik sehingga harapan orang tua dan anak-anaknya yang dipercayakan pada kami untuk memperoleh pendidikan baik dan berkualitas dapat terwujud." Ujar Rahman yang juga sebagai apoteker ini saat dikonfirmasi media. Kamis, (03/08/2023).



Kolase Pelaksanaan Simulasi 1. (Dok/Istimewa).


Seperti diketahui bahwa siswa yang mengikuti ANBK ini adalah siswa kelas XI dengan materi dan model soal-soalnya terdiri atas dua materi dasar, yaitu literasi membaca dan numerasi” 


Abdur Rahman mengatakan, simulasi bertujuan untuk memperkenalkan bentuk soal ANBK yang berupa soal AKM, survei karakter, survei lingkungan belajar.


Selain itu, diharapkan peserta didik dapat melaksanakan dengan lancar dan sukses dengan adanya simulasi terlebih dahulu.


“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas,” harapnya.


Sebagai sekolah yang berada dilingkungan pesantren, para pendidik dan para peserta didik menyempatkan diri untuk sowan ke kediaman Pengasuh Pondok yang berada tidak jauh dari sekolah. Mereka memohon do'a dan restu agar ANBK perdana di SMK Medika Assarbini berjalan lancar dan sukses. 


"Saya bersyukur kepada Allah SWT, meskipun belum seumur jagung, di bawah pimpinan Ustadz Abdur Rahman, SMK ini telah mampu melaksanakan proses evaluasi pendidikan yang ditetapkan pemerintah, berupa asesmen nasional ini. Dan dengan menyematkan nama leluhur kami pada nama lembaga ini, yakni KH. Sarbini, saya yakin kehadiran SMK ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan umat," Ujar Pengasuh sekaligus Ketua Yayasan Assabrowiyah, KH. Masyhudi Sabrowi dan ditutup pembacaan surat Al Fatihah kepada yang diikuti oleh semua guru dan murid. 


Sebagai informasi, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.


Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu AKM, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. (Had/Red)

Bagikan:

Komentar