|
Menu Close Menu

Mahasiswa KKN Kolaboratif 022 Bersama Pemdes Jambearum Realisasikan Program PESAT

Selasa, 22 Agustus 2023 | 11.19 WIB

Kegiatan Mahasiswa KKN Kolaboratif  k
Kelompok 022 di Desa Jambearum Jember berupa Program Pekarangan Sehat. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jember- Mahasiswa yang tergabung dalam KKN Kolaboratif Kelompok 022 bersama Pemerintah Desa Jambearum adakan Progam Pekarangan Sehat (PESAT).


Program Pekarangan Sehat ini merupakan wujud Program ketahanan pangan di desa dalam memenuhi kebutuhan pangan penduduknya secara mandiri dan berkelanjutan. Dengan memperhatikan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, serta nilai gizi dari pangan yang dihasilkan. 


Kegiatan dimulai sejak Senin, 21/08/2023, di mulai dari Ruang Terbuka  Hijau (RTH) Balai Desa Jambearum dan di susul beberapa dusun di Desa Jambearum, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. 


“Pemerintah desa pernah mengadakan program ketahanan pangan dengan menyediakan beras sejumlah 1 ton dengan kemasan 5 kg untuk warga desa Jambearum. Dan pernah pula melakukan kegiatan karang kitri atau karang gizi seperti ini namun tidak dilanjutkan oleh masyarakat,"  ucap  Ikhlasul Staf Pemdes setempat.


Dengan terselenggaranya Program Ketahanan Pangan yang ada, KKN Kolaboratif 022 berupaya melanjutkan dan mengembangkan menjadi sebuah Pekarangan Sehat (PESAT) dengan mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan dengan menanam aneka tanaman guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Program ini dilakukan dengan langkah awal melakukan sosialisasi, memberi bantuan bibit, pupuk, pollybag, serta melakukan praktek langsung bersama masyarakat dengan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif melalui pengembangan pekarangan sehat.  


Adapun yang ditanam dalam pekarangan ini yaitu tanaman hortikultura, mulai dari sayuran dan tanaman lainnya.


“Dengan adanya tanaman ini, nantinya masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh beli sayuran untuk kebutuhannya, cukup ke samping atau belakang rumahnya saja. Dan tentunya kualitas dari tanaman ini juga berbeda karena menggunakan perawatan organik,” Jelas Reza sebagai Koordinator KKN Kolaboratif 022.


Selain untuk ketahanan pangan, program ini juga diharapkan nantinya menjadi pencegah terjadinya stunting pada anak dengan cara menjadikan tanaman yang sehat dan bergizi.


"Program ketahanan pangan yang sehat menjadi daya tarik  tersendiri bagi kami, karena memang manfaatnya sangat banyak. Selain sebagai ketahanan pangan juga sebagai pencegahan dan penanganan stunting. Karena dengan adanya Pekarangan Sehat (PESAT) yang kami edukasi dengan tanaman organik nantinya bisa sebagai sumber pangan keluarga yang baik bagi kesehatan tanpa bahan kimia," pungkas Reza. (Yus)

Bagikan:

Komentar