|
Menu Close Menu

Universitas Udayana Bali Dorong Kemandirian Wirausaha Muda Lewat Workshop

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 23.45 WIB

Workshop Kewirausahaan yang digelar di Universitas Udayana Bali. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bali- Universitas Udayana berkolaborasi dengan Barisan Wirausaha Muda Indonesia (BMWI) menggelar Seminar Workshop Kewirausahaan. Hal itu bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara teori dan mandiri  baik dari sisi teknis dan interaksi langsung dengan masyarakat, acara bertempat di Ruang Bangsa Gd.Rektorat Universitas Udayana, Senin (23/10/2023), lalu.


Hadir dalam kegiatan  tersebut Ketua Umum DPP BMWI Syamsul Hidayah, S.Kep.,Ners, M.Kep, CWCCA, S.TMI., Dr. Hj. Iswanti, SE. MM, Sekertaris Jendral DPP BMWI dan menjabat sebagai Wakil Bupati Seruyan Kalteng, Ns. Ari Pristiana Dewi M.Kep., CT Bendahara Umum DPP BMWI dan juga sebagai CEO Kita Center Certified dan Master Trainer BNSP RI, Rizki Amalia Darwan Ali. M.Sc Wakil Bendahara Umum dan juga menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalteng, N. Wiwin, M.Kom., Ketua Bidang Pengembangan Usaha & Permodalan, Dan Pengurus Bidang Kewirausahaan Perdagangan dan kemitraan (KPK) Imran S. Pd.


Kemudian  yang hadir dari pihak Universitas Udayana dan sekaligus membuka acara kegiatan Workshop Wakil Rektor 4 Bidang Perencanaan Kerjasama dan Informasi, Prof.Dr.dr I Putu Gede Adiatmika M.Fes dan di dampingi oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof.Dra. Ni Luh Watianiasih MSc.PhD bersama Kepala Biro Kemahasiswaan Drs. I Ketut Kartika, Kordinator Program Studi Farmasi, Dr.apt. Eka Indra Setyawan , S.Farm,M.Sc, Dewa Ayu Swastini


Kordinator Program Studi Farmasi, Dr.apt. Eka Indra Setyawan , S.Farm,M.Sc , menjelaskan bahwa wirausaha muda harus mampu untuk mandiri , karena kelangsungan dari apa yang di laksanakan hari ini adalah sejatinya ada pada anak-anak yang hadir pada acara ini


“Kami pihak perguruan tinggi bertindak sebagai fasilitator, selanjutnya eksekusi ada ditangan kalian”ujarnya penuh semangat.


Sementara itu  Ketua Umum DPP Barisan Muda Wirausaha Indonesia, Dr.Syamsul Hidayah M.Kep, menjelaskan bahwa wirausaha muda yang berkelanjutan membutuhkan sebuah benteng atau pondasi yang kuat secara teori dan mental.


Dimana dalam  workshop selama   2-3 hari hari akan diberikan cara bagaimana membangun pondasi wirausaha dari segi legalitas membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) ataupun dalam cara mengaplod data yang diperlukan.


” Kami akan berikan informasi ini dengan baik dan benar agar tidak sampai gagal dalam memasukan semua dokumen yang diperlukan,” ujarnya.


Diterangkannya juga bahwa pihaknya juga memberikan pendampingan agar supaya apa yang didapatkan secara teori benar-benar bisa terimplementasi dengan baik.


“Sehingga kamipun memberikan pendampingan baik secara online ataupun offline,” jelasnya.


Dalam organisasi Barisan Muda Wirausaha Indonesia ini sudah bergabung dengan berbagai badan usaha dan untuk kedepannya pihaknya akan mendatangkan pengusaha yang lebih paham akan bagaimana caranya untuk mendapatkan permodalan, sehingga nantinya apa yang dilakukan benar -benar sesuai dengan apa yang di harapkan.


“Kami akan komunikasikan dengan pihak pusat bagaimana alur untuk mendapatkan permodalan itu secara tepat,’ bebernya.


Diakhir pembicaraannya bahwa pihaknya juga melakukan monitoring, tentunya wirausaha itu memenuhi lima hal yang digunakan di Barisan Muda Wirausaha Indonesia, 1 ) memberikan pelatihan dalam bagaimana caranya untuk membuat NIB, 2 ) Kemudian mereka harus memiliki orang untuk melakukan pendaftaran, 3) Setelah baru mendapatkan pendampingan dalam mengurus tata cara agar bisa memenuhi syarat, 4 ) Kemudian akses permodalan ,5) dan Barisan Wirausaha Muda ini akan di dampingi secara online ataupun offline, 5) Kemudian Baru monitoring agar supaya apa yang dilakukan dapat terimplementasi dengan tepat dan benar.


Ns. Ari Pristiana Dewi M.Kep., CT Bendahara Umum DPP BMWI sebagai Narasumber dalam acara yang di selenggarakan menjelaskan terkait Pentingnya Publik speaking Untuk para pelaku usaha dan akademisi, jelasnya di forum Workshop 


N. Wiwin, M.Kom., Ketua Bidang Pengembangan Usaha & Permodalan sebagai narasumber kedua menjelaskan terkait pentingnya kewirausahaan dan legalitas ijin Usaha, jelasnya di hadapan peserta seminar. (Tim)

Bagikan:

Komentar