|
Menu Close Menu

Soroti Tingginya Stunting di Bondowoso, Begini Penjelasan Lora Fadil

Jumat, 10 November 2023 | 22.54 WIB

KH. Achmad Fadil Muzakki Syah, Anggota Komisi VIII DPR RI waktu melakukan kunjungan ke Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bondowoso- Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Achmad Fadil Muzakki Syah, menyoroti tingginya angka stunting di Bondowoso, Jawa Timur. Bondowoso menjadi daerah dengan stunting tertinggi ke dua di Jatim setelah Jember.


"Kami ke Bondowoso dengan harapan dapat melakukan pendekatan dari banyak sisi untuk bisa ambil bagian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bondowoso. Apalagi stunting di Bondowoso tertinggi kedua di Jawa Timur," kata politisi muda yang akrab disapa Lora Fadil dalam kunjungan Komisi VIII DPR ke Bondowoso, Kamis (9/11/2023).


Lora Fadil mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan angka stunting tinggi di Bondowoso. Di antaranya adalah kurangnya akses air bersih, kemiskinan, dan tingginya angka pernikahan dini.


"Sudah dikaji BKKBN, mengapa terjadi stunting. Rata-rata lulus SMP kemudian menikah, kemungkinannya begitu. Infrastruktur pendidikannya juga perlu kita perbaiki," tegas Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bondowoso ini. 


Berdasarkan Status Survei Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, angka stunting di Kabupaten Bondowoso mencapai 32%. Angka tersebut jauh di atas angka stunting Jawa Timur yang berada di angka 19,2%.


"Masih jauh dari target nasional yakni 14%. Harus terus diupayakan untuk menurunkan angka stunting di Bondowoso," kata Legislator NasDem dari Dapil Jawa Timur III (Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo) itu. (Solihin/dis/*)

Bagikan:

Komentar