|
Menu Close Menu

Survei ARCI Terbaru di Jatim, Prabowo-Gibran Unggul 48,6 Persen, Disusul Ganjar-Mahfud 26,1 Persen, dan Anies-Muhaimin 23,7 Persen

Minggu, 24 Desember 2023 | 06.32 WIB

Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI saat pemaparan hasil survei. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Elektabilitas Paslon Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menduduki posisi teratas dalam hasil Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). Hal itu terungkap dalam kegiatan rilis  hasil survei ARCI di salah satu Kafe di Surabaya, Sabtu (23/12/2023).


“Hasil survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran teratas di Jatim. Prabowo-Gibran unggul jauh atas Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin,” jelas Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI.


Menurut survei ARCI elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 48,6%. Kemudian disusul Ganjar Pranowo-Mahfud MD 26,1%. Dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di angka 23,7%.


“Sebanyak 1,6 persen responden belum menentukan pilihan,” tambahnya.


Baihaki menyebut tren Prabowo-Gibran terus meroket usai deklarasi bersama. Bahkan, di musim kampanye ini, trennya terus naik hampir menyentuh elektabilitas 50%.


“Jika trennya seperti ini tidak menutup kemungkinan Prabowo-Gibran bisa menang satu putaran,” katanya.


Salah satu faktor yang membuat elektabilitas Prabowo-Gibran meroket, menurut Baihaki, adalah banyak pemilih Ganjar beralih ke Prabowo.


“Semakin banyak serangan ke Jokowi dari paslon 03, maka semakin banyak juga suara yang berpindah ke paslon 02,” katanya.



Selain itu, Baihaki menyebutkan bahwa kerja keras kader partai dari Koalisi Indonesia Maju di Jatim khususnya Gerindra membuahkan hasil dengan elektabilitas Prabowo-Gibran teratas di Jatim.


Kerja parpol di Koalisi Indonesia Maju sangat masif. Program kampanyenya tepat sasaran. Ini buah kerja keras juga dari kader Gerindra di Jatim yang sudah bertahun-tahun gencar mensosialisasikan Prabowo,”ujarnya.


“Adanya gerakan makan siang dan susu gratis juga dirasakan banyak masyarakat. Karakter masyarakat kita perlu program konkret yang dirasakan, dalam hal ini apa yang dilakukan Timses 02 berbuah hasil,”tambahnya.


Survei ARCI dilakukan pada 10-20 Desember 2023. Survei menggunakan metode multi stage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.000 responden yang tersebar proporsional di 38 Kabupaten/Kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 3% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.



Berikut hasil lengkap elektabilitas Capres-Cawapres di Jatim versi ARCI;


1.Prabowo-Gibran 48,6%


2.Ganjar-Mahfud 26,1%


3.Anies-Muhaimin 23,7%


Tidak tahu/tidak menjawab: 1,6%.

Bagikan:

Komentar