|
Menu Close Menu

Dua Calon Anggota DPD RI Viral, Akun Tiktok Kondangkusumaningayu Diduga Catut Foto Ning Lia

Jumat, 16 Februari 2024 | 11.36 WIB

Akun atas nama Kondang Kusuma Ayu yang diduga mencatut foto Lia Istifhama. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya-Viral di Media Sosial (Medsos) TikTok terkait unggahan video salah satu Calon DPD RI Dapil Jawa Timur yang mencatut foto Ketua Perempuan HKTI Jatim, Dr. Lia Istifhama untuk kampanye.


Akun TikTok atas nama @kondangkusumaningayu menggungah foto Ning Lia sapaan akrab Dr.Lia Istifhama saat pendaftaran ke KPU Jawa Timur. Video berisi foto utama pencalonan Kondang Kusumaning Ayu Calon DPD RI Nomor Urut 10 dengan backsound lagu berjudul 'Oke Gas' miliki Richard Jersey. 


Dalam video yang memiliki 3 slide foto tersebut, foto pertama atau utama berisi gambar foto Kondang Kusumaning Ayu Calon DPD RI Nomor Urut 10 yang bertuliskan 'Mohon Do'a dan Dukungannya'. Slide kedua berisi foto Ning Lia bersama tim sukses dan relawannya berlatar pendaftaran di KPU Jatim. Slide terakhir atau ketiga berisi foto Ning Lia bersama Ketua KPU Jatim, Choirul Anam. Selain itu, juga banyak video yang sliweran di sosial media yang mengandung unsur kampanye si Kondang, namun ternyata menggunakan foto keponakan Khofifah, ning Lia.


Saat jurnalis mengkonfirmasi Dr.Lia Istifhama atau Ning Lia menjawab santai namun tegas atas viralnya video yang mencatut fotonya tersebut.


"Saya baru tahu, kalau ada Calon DPD RI yang memakai foto saya untuk kampanye di Medsosnya. Masak ya harus kampanye pakai foto orang lain,"katanya, Jumat (16/02/2024)


Ning Lia melanjutkan jika dirinya yang juga maju sebagai Calon DPD RI sangat menyayangkan terkait adanya salah satu calon yang menggunakan fotonya untuk kampanye tersebut.


"Bagaimana kalau foto kawan jurnalis digunakan orang lain untuk kampanye? Kenal saja tidak, saudara bukan. Sangat disayangkan dan ini menjadi contoh buruk dan jangan sampai ada lagi korban yang fotonya dipakai untuk mengaburkan informasi yang asli, dalam hal ini foto asli si calon dpd yang catut foto saya itu," ungkapnya.


"Saya baru melihat video tersebut, kaget dan sempat syok sih. Kenapa harus dengan foto saya? Mestinya dia punya lah foto pribadi selain foto yang sudah didesain sedemikian rupa untuk surat suara. Kalua emang dia bagian dari genzy, mestinya dia punya foto selfi atau foto saat bertemu teman-temannya. Apalagi jaman sekarang, banyak kamera cantik. Jadi harus pede dengan wajah sendiri.”


"Jika kalian tanya siapa yang dirugikan? Maka yang dirugikan adalah para pemilih saya. Kalau saya diam dan pasrah, itu sama saja mengajarkan kepada masyarakat untuk tidak berani speak up jika ada yang berbuat curang. Jadi saya pilih speak up, tak lain untuk masyarakat pemilih," sambung tegas Ning Lia.


Atas temuan tersebut, Ning Lia bakalan berkomunikasi dengan tim hukumnya terkait pencatutan fotonya itu. 


"Sekarang sudah proses konsultasi bersama tim hukum. Hal ini tak lain menjaga proses demokrasi yang jujur dan bermartabat dan ini terkait kepercayaan dari masyarakat yang sudah memilih saya. Jadi saya harus berani bersikap tegas," jelas Ning Lia.

Bagikan:

Komentar