|
Menu Close Menu

UTM Launching Badan Pengelola Usaha pada Pembukaan Dies Natalis ke-23

Rabu, 22 Mei 2024 | 20.31 WIB

Dies Natalis ke-23 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) . (Dok/Istimewa ) 

Lensajatim.id Bangkalan – Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur launching Badan Pengelola Usaha (BPU) pada rangkaian pembukaan  Dies Natalis UTM yang ke-23 di gedung rektorat lantai 10 pada Rabu (22/06/2024).


Sejak UTM ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum atau PTN BLU, maka UTM harus lebih kreatif  dan inovatif termasuk dalam hal pengelolaan keuangan. 


UTM satu tahun yang lalu melalui surat keputusan menteri keuangan Nomor 176 Tahun 2023 Kampus Universitas Trunojoyo Madura (UTM) resmi dinyatakan sebagai kampus Badan Layanan Umum (BLU). Kampus yang berstatus BLU memiliki keleluasaan dalam hal pengelolaan keuangan.


Rektor UTM Dr. Safi SH, MH dalam sambutannya mengatakan bahwa konsekuensi logis jadi ditetapkannya UTM sebagai PTN BLU maka harus lebih kreatif di dalam meningkatkan generate income agar tidak semata-mata hanya bersumber dari UKT.


‘’Tapi bagaimana juga bisa mengelola potensi yang dimiliki baik yang berkaitan dengan akademik maupun non akademik yang punya potensi untuk dijual begitu,’’ katanya kepada awak media ini Rabu (22/05/2024).


Lebih lanjut, dirinya menjelaskan BPU nantinya akan fokus pada pengelolaan usaha yang non akademi atau kelanjutan dari kegiatan akademik, misalnya Riset yang menghasilkan Prototype atau produk. 


"Nantinya, produk penelitian itu siap untuk berkerjasama dengan industri. Nah, itu sudah bisa masuk ke wilayah BPU, atau aset-aset kita baik aset yang berupa gedung maupun yang berupa lahan kosong ya itu kan bisa dikelola,’’ pungkasnya. (Ek) 

Bagikan:

Komentar