|
Menu Close Menu

Pemkab Mojokerto Resmi Luncurkan Tiga Aplikasi Digital Berbasis Kesehatan dan Pelayanan

Sabtu, 10 April 2021 | 11.32 WIB

Peluncuran Tiga Aplikasi Digital Berbasis Kesehatan dan Layanan (Dok/Sur)


lensajatim.id
Mojokerto-
Pemerintah Kabupaten Mojokerto resmi melaunching tiga aplikasi digital berbasis kesehatan dan pelayanan. Launching ketiga aplikasi tersebut dilakukan pada  acaranya Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HGK) PKK ke 49 di Mojokerto. Jumat (09/04/2021) malam.


Tiga aplikasi tersebut dilaunching secara langsung oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati bersama Wakil Bupati Muhammad Albarraa bertempat di Halaman Kantor Pemkab Mojokerto. Tiga aplikasi yang dilaunching yakni Covid Information System (CIS), E-Office dan Dengar Aspirasi Masyarakat Mojokerto (Damar Mojo).


Bupati Ikfina menjelaskan, Aplikasi CIS adalah aplikasi khusus untuk satgas Covid guna memaksimalkan penanganan pandemi dengan diawasi langsung oleh dirinya. Dalam aplikasi CIS, terdapat sajian data pasien, operasi yustisi, bansos, CSR, data vaksinasi, dan kegiatan OPD yang berkaitan dengan Covid-19. " Ada juga diagram jumlah pasien dan kalkulasinya selama pandemi, lengkap dengan warna peta terupdate. Meski khusus, fitur unggulan ini bisa diakses publik," jelasnya.


Selanjutnya aplikasi E-Office, merupakan aplikasi pendukung layanan administrasi Pemkab Mojokerto seperti surat menyurat,  tanda tangan digital dll. E-Office telah tersertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), melalui proses yang tidak sebentar.


Sedangkan Damar Mojo, merupakan aplikasi layanan informasi dan pengaduan masyarakat yang di dalamnya bahkan menyediakan kanal khusus yang terhubung dengan Bupati Mojokerto untuk media berkomunikasi. Damar Mojo menampung aspirasi, pertanyaan bahkan keluhan masyarakat atas kinerja pemerintah. Aplikasi ini memungkinkan percakapan secara digital.


"Prinsipnya mudah, terpadu dan terintegrasi dengan aplikasi
Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) Pemerintah Pusat," tandasnya.


Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Shofiya Hanak Albarraa dalam sambutan pembukaan acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke 49 menyampaikan harapannya agar TP PKK Kabupaten Mojokerto bersama seluruh kader, terus bersemangat dalam menjalankan tugas pengabdian.


"Harapan terbesar, semoga dengan bergabungnya saya sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto, kita bisa berjalan bersama dengan penuh semangat. Semangat juga harus sampai kepada kader PKK di kecamatan hingga di desa-desa," tutur Shofiya. (Sur/Red)

Bagikan:

Komentar