|
Menu Close Menu

Mendapat Bantuan Modal Usaha dari Lazisnu Jatim, Nenek Satumi Berjualan Rujak Cingur Lagi

Sabtu, 15 Mei 2021 | 11.20 WIB

Warung Rujak Cingur Bu Satumi yang mendapatkan bantuan modal usaha dari Lazisnu Jatim (Dok/Istimewa)


lensajatim.id Sidoarjo-
Pertengahan Ramadhan lalu Satumi dirundung gelisah. Nenek 65 tahun ini bingung karena tidak bisa berjualan rujak lagi lantaran modalnya habis untuk biaya hidup sehari-hari. Padahal itulah satu-satunya sumber penghasilan baginya dan seorang anaknya yang masih kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Sidoarjo.


"Saya tidak punya siapa-siapa lagi. Apapun akan saya jalani agar anak saya bisa terus sekolah," katanya waktu itu.


Ibu Satumi memang mendapat bantuan dari pemerintah desa berupa bahan makanan pokok. Namun bantuan tersebut tentu bersifat konsumtif dan tidak bisa dipakai mencukupi kebutuhannya.


Nenek yang tinggal di rumah kos dekat kuburan kawasan Tulangan Sidoarjo ini makin merana menjelang datangnya Idul Fitri. Bukan karena tak bisa beli baju baru, tapi karena biasanya momen lebaran adalah waktu terbaik untuk jualan rujak. Sementara itu ia masih kebingungan harus mencari pinjaman ke mana untuk belanja bahan.


"Kalau hari-hari biasa saya jualan dari pagi sampai sore mau maghrib. Tapi kalau pas hari raya biasanya setengah hari sudah habis," ujar Bu Satumi.


Syukurlah ada salah seorang warga yang menginformasikan kondisi Bu Satumi kepada NU Care-Lazisnu Jawa Timur. Setelah melalui mekanisme survei dan tahap verifikasi, NU Care-Lazisnu Jawa Timur segera memberikan bantuan alat kerja berupa meja, etalase dan modal usaha.


Tak lama kemudian, Bu Satumi segera mempersiapkan segala kebutuhan untuk berjualan rujak. Lokasinya berada di Jalan Manunggal Amd Desa Kepatihan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. 


"Alhamdulillah. Hari kedua lebaran Bu Satumi sudah berjualan lagi. Tadi jam satu siang jualannya sudah habis. Terima kasih kepada NU Care-Lazisnu Jatim yang sidah membantu beliau," demikian pesan singkat Moh Ersyad kepada NU Care-Lazisnu Jatim sambil mengirim beberapa foto. Ersyad merupakan warga yang merekomendasikan agar Bu Satumi menerima bantuan. (Red)

Bagikan:

Komentar