|
Menu Close Menu

Luncurkan Program Simpati Lansia, Mas Tamam Antar Makanan Sendiri ke Lansia di Kelurahan Barurambat

Selasa, 15 Juni 2021 | 14.57 WIB

 

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat mengantarkan makanan dan menyuapi lansia (Ibu Mainah 70 tahun) dalam kegiatan peluncuran program Simpati Lansia (Dok/Istimewa)

lensajatim.id Pamekasan- Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam terus melakukan Inovasi untuk mewujudkan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur menjadi Pamekasan Hebat. Setelah sebelumnya gencar melakukan promosi program Desa Tematik, kali ini Bupati muda yang akrab disapa Mas Tamam meluncurkan Program Simpati Lansia. Selasa (15/06/2021).


Menurut Mas Tamam, Tahun 2021 ada 400 lansia di 13 kecamatan akan mendapat bantuan makanan sehat dua kali sehari dari pemerintah daerah yang akan diantar oleh petugas dua kali sehari. Terobosan baru itu menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten.


Uniknya, dalam acara peluncuran program tersebut, Mas Tamam ikut mengantarkan sendiri makanan ke lansia dengan menaiki sepeda sepeda motor bersama rombongannya dari rumah dinasnya seraya membawa rantang.


Bupati yang masuk nominasi 15 Cagub Jatim potensial ini mengantarkan makanan ke lansia di yaitu, pertama kali mendatangi rumah Mainah (71) warga RT 05 RW 05 dan rumah Bu Ruk (65) RT 01 RW 01 Kelurahan Barurambat Kota. Di dua rumah lansia tersebut bupati mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar lantaran menjadi Bupati pertama di Pamekasan yang datang ke rumah lansia tersebut.


Mas Tamam menjelaskan pihaknya merancang program memberi jatah makan dua kali sehari kepada para lansia tersebut setelah mendapat informasi dari masyarakat tentang banyaknya lansia yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah daerah.


Sehingga, Pemkab Pamekasan melalui Dinas Sosial mengeluarkan kebijakan program memberi makan lansia setelah sebelumnya melalui verifikasi dan validasi data yang cukup panjang agar bantuan yang diberikan tepat sasaran sesuai dengan kategori sebagaimana yang termaktub dalam Peraturan Bupati. Yakni lansia hidup sebatang kara, lansia hidup bersama disabilitas tidak produktif dan lansia yang hidup bersama anak tidak produktif untuk mendapat makanan tambahan yang sehat.


“Nanti akan ada petugas datang ke bu Ruk ini pagi dan sore pakai rantang isi nasi, ikan dan sayur. Harapan kita juga nanti bu Ruk mendapat kesehatan dari Allah, panjang umur dan program ini bisa terus berkelanjutan,” kata Mas Tamam.


Mantan Anggota DPRD Jatim ini berharap agar relawan  yang bertugas mengantarkan makan dua kali sehari kepada para lansia ikhlas seperti merawat ibu sendiri agar mendapat pahala berlipat dari Allah SWT.


“Ini program luar biasa, makanya saya minta keikhlasan, kesabaran dalam memberikan pelayanan kepada seluruh lansia sebatang kara ini keikhlasan serta kerja profesional. Kenapa kita perlu ikhlas dan sabar serta profesional? Karena program ini melayani orang harus bersungguh-sungguh,” pungkas penerima penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2020 dari ForKom Jurnalis Nahdliyin ini. (Red)

Bagikan:

Komentar