|
Menu Close Menu

Berikan Rasa Aman kepada Warganya, Desa di Jember Pasang Puluhan Kamera Pengintai

Jumat, 01 Oktober 2021 | 11.25 WIB

Layar CCTV di Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Dok/Ris).


Lensajati.id Jember-Puluhan kamera pengawas  Closed Circuit Television (CCTV) dipasang di Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Jember. Pemasangan alat pengintai tersebut diinisiasi oleh Kepala Desa (kades) setempat sebagai langkah antisipasi terjadinya tindak kejahatan di desa tersebut.


“Pemasangan CCTV di desa kami memang bentuk ikhtiar kita untuk menjaga lingkungan kita,” ujar Bhisma, Kepala Desa Jubung saat ditemui di kantornya, Jumat (01/10/2021).


Menurut dia, dengan memanfaatkan tekhnologi kekinian itu diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaatnya yakni keamanan, “Setidaknya masyarakat juga dapat menikmati manfaatnya dengan menghadirkan rasa aman, sekaligus juga membantu aparat keamanan jika terjadi tindak kejahatan di lingkungan kita,” harapnya.


Pemasangan CCTV itu lanjut Bhisma diprioritataskan di tempat-tempat strategis seperti tempat keramaian dan tempat yang berpotensi terjadi tindak kejahatan. 


“Ini kita pilih tempat yang strategis, seperti tempat keramaian dan sudut-sudut yang rawan terjadi kejahatan,” jelasnya.


Ia mencanangkan program tersebut tidak berhenti di tahun ini saja. Sementara ia menjelaskan yang sudah terpasang CCTV saat ini ada sekitar 40 tersebar di beberapa RT dan RW di tiga Dusun, “Tujuanya adalah semua sudut di desa ini bisa terpantau di desa kami. Jadi tujuanya bukan untuk mengawasi masyarakat tapi untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” pungkasnya. 


Menurut Ketua RW di Desa setempat Bambang mengaku merasa terbantu dengan dipasangnya CCTV tersebut “RW 04 aman. Iya walaupun masih ada, tapi itupun kan sudah diantisipasi dengan adanya CCTV ini dari pemerintah desa,” ungkap Bambang Ketua RW.


Dirinya mengaku, pemasangan CCTV juga di tempatkan di tempat-tempat ibadah “seperti Mhoshallah dan Masjid,” singkat dia. (Ris)

Bagikan:

Komentar