|
Menu Close Menu

11 Pemimpin Muda di Jatim Paling Disukai Versi ARCI, Ada Ning Lia, Gus Syafiq dan Bupati Trenggalek

Sabtu, 06 November 2021 | 22.21 WIB

Hasil Survei ARCI terhadap pemimpin muda di Jatim. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id Surabaya- Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengumumkan hasil surveinya terkait kecenderungan sikap pemilih di Jatim menjelang Pilgub dan Pilpres 2024.


Populasi survei adalah seluruh warga Jawa Timur yang sudah memiliki hak pilih dalam pemilihan umum dan sudah berusia 17 tahun atau yang sudah menikah. Dari populasi yang dipilih secara random (multistage random sampling) ada sebanyak 1200 responden. Survei ini dengan margin of error kurang lebih 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh tim survey yang terlatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dan sampel didatangi kembali oleh supervisor (spot check). Waktu wawancara lapangan 20-31 Oktober 2021.


Dalam hasil survei ARCI tersebut, tidak hanya melaporkan hasil survei Pilgub Jatim dan Pilpres. Tetapi banyak hal yang dipotret, mulai dari kinerja Gubernur Jawa Timur, elektabiltas Partai Politik, hingga kiprah Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.


Uniknya lagi, ARCI juga melakukan survei terhadap pemimpin muda di Jawa Timur. Menurut Baihaki, untuk mengukur hal tersebut, lembaganya mengajukan pertanyaan berupa, " Banyak pemuda di
jawa timur yang berusia di bawah 40 Tahun sudah menjadi pemimpin baik organisasi sosial ke masyarakatan maupun sebagai
wali kota maupun Bupati, Menurut anda dari nama – nama pemimpin muda ini siapa yang paling anda sukai ?.



Hasilnya menunjukkan,  Emil Elistianto Dardak ( Wagub Jatim ) 19,6 %, kemudian Fandi Ahmad Yani ( Bupati Gersik ) 15,7%, Lia Istifahama ( Ketua Pertani HKTI Jatim) ) 15,2 % , Muhammad Nur Arifin ( Bupati Trenggalek ) 14,2 %, Muhammad Muhdlor Ali ( Bupati Sidoarjo ) 7,9 %,  Syafiq Syauqi ( Ketua PW Ansor Jatim ) 7,8 %, Muhammad Al – Barra ( Wabup Mojokerto ) 5,2 % , Dwi Maria Ulfa ( Wabup Kediri ) 1,7 %, R. Abdul Latif Amin Imron ( Bupati Bangkalan ) 1,2 % , Hanindhito Himawan Pramana ( Bupati Kediri ) 0,9%,  Aditya Halindra Faridzky ( Bupati Tuban ) 0,6% , dan menjawab Tidak Tahu / Tidak Menjawab 10 %.


Dari Survei tersebut kata Baihaki, ada trend yang positif sambutan dari masyarakat terhadap pemimpin-pemimpin yang muda. " Artinya banyak pemimpin muda di Jatim yang disukai masyarakat," paparnya.


Selain, itu lanjut Baihaki, untuk Pilgub Jatim, hasil survei untuk Top of Mind mereka memilih Khofifah Indar Parawansa 25,08 persen, Tri Rismaharini 1,25 persen, Emil Elestianto Dardak 1,08 persen, Saifullah Yusuf 1,05 persen, Abdul Halim Iskandar 0,9 persen dan La Nyala M Mattalitti 0,6 persen." Nah yang menjawab tidak tau ini tergolong besar masih yaitu yang jawab tidak tahu sebesar 70,04 persen," tandasnya. (Had/Red).

Bagikan:

Komentar