|
Menu Close Menu

Siap Menjaga Stabilisasi Harga Daging di Jatim, Begini Langkah JAPPDI

Kamis, 20 Januari 2022 | 13.00 WIB

Pengurus  JAPPDI DPW Jawa Timur usai mulakukan rapat perdana di Sekretariat JAPPDI DPW Jawa Timur. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Jaringan Pemotong dan Pedagang Daging Indonesia Dewan Pengurus Wilayah (JAPPDI DPW Jawa Timur), melaksanakan rapat perdana setelah diberi Mandar untuk membentuk kepengurusan di Jawa Timur dan di Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.


Menurut H. Dondik sebagai Ketua Pengawas JAPPDI DPW Jawa Timur, "Di tengah pasca pandemi dan munculnya pandemi varian baru tidak menyurutkan Jappdi untuk ikut serta membantu pemerintah terutama di Jawa Timur, agar harga kebutuhan pokok protein hewani terutama daging bisa stabil," tukasnya.


Lebih lanjut Dondik menjelaskan JAPPDI Merupakan organisasi masyarakat yang berjenjang baik di tingkat Pusat (DPP) Wilayah (DPW) dan Kota/Kab (DPC). Sedangkan kepengurusan dan anggotanya terdiri dari para pemotong sapi (jagal) dan pengusaha yg bergerak di bidang daging sapi.


Melihat kondisi sekarang sangat prihatin, karena baik harga sapi siap potong mau daging eks import hampir setiap hari terjadi kenaikan harga.  Padahal pemerintah ada gerakan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. " Seharusnya dengan adanya gerakan pemulihan ekonomi kebutuhan pokok turun, kok ini malah naik sehingga daya beli semakin menurun dan produk turunannya juga semakin mahal," lanjut aba Dondik pengusaha daging di Sidoarjo.


Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Ketua H. Ediyanto, dalam rangka menghadapi moment Idul Fitri 2022, secara otomatis kebutuhan akan protein hewani daging semakin meningkat, sehingga dibutuhkan ada kebijakan pemerintah yang benar benar taktis dan strategis agar tidak terjadi gejolak atau kenaikan harga.


Untuk menjaga gejolak harga daging JAPPDI DPW Jatim, akan membentuk kepengurusan di tingkat Kabupaten/Kota sehingga mampu mengkoordinir kepentingan pelaku di masing-masing Kota/Kabupaten. Sedangkan dengan instansi terkait di tingkat Jawa Timur JAPPDI DPW Jatim dalam waktu dekat akan melakukan kordinasi dengan pihak terkait. " Seperti Disnak, Disperindag dan Ketahanan pangan Jawa timur," pungkas H. Edi Pedagang di Mangga Dua Surabaya. (Red).

Bagikan:

Komentar