|
Menu Close Menu

Perkenalkan Perguruan Tinggi Negeri Jarak Jauh Berkualitas, UT Surabaya Massifkan Sosialisasi di Kalangan Siswa dan Guru

Senin, 24 Januari 2022 | 10.16 WIB

 

Kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Program Universitas Terbuka (UT) Surabaya bertempat di MAN 1 Jombang, Jawa Timur. (Dok/Istimewa). 

Lensajatim.id, Surabaya- Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang bisa menyelanggarakan perkuliahan jarak jauh,  Universitas Terbuka (UT) Surabaya terus memassifkan sosialisasi kepada masyarakat. 


Terbaru, UT Surabaya melakukan edukasi dan sosialisasi program kepada guru dan siswa di tiga daerah, yaitu Kabupaten Jombang, Ngawi dan Magetan. Kegiatan itu dilakukan dari tanggal 19-20 Januari 2022. 


Di Kabupaten Jombang, kegiatan dilakukan 19 Januari 2022, dengan sasaran siswa kelas 3 jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di SMAN 1 Jogoroto Jombang. Dalam diikuti kurang lebih 200 siswa dengan dibagi dua gelombang. Selain itu, di Jombang UT Surabaya juga melakukan sosialisasi di kalangan guru BK, kurang lebih 100 guru BK se-kabupaten Jombang mengikuti kegiatan tersebut bertempat di MAN 1 Jombang. 


Peserta Edukasi dan Sosialisasi Program UT Surabaya. (Dok/Istimewa).


Kemudian, pada tanggal 20 Januari 2022, UT Surabaya melanjutkan kegiatan sosialisasi untuk wilayah Kabupaten Ngawi dan Magetan. Kegiatan ini ditempatkan di SMAN 1 Maospati. Di Kegiatan ini, diikuti 100 guru BK, 50 dari Kabupaten Ngawi dan 50 orang lainnya dari Kabupaten Magetan. Hadir juga dalam kegiatan itu pengurus Pokjar Ngawi yang sekaligus membantu persiapan acara.


Menurut Dr. Suparti, M.Pd, Direktur Universitas Terbuka Surabaya apa yang dilakukan dalam rangka memenuhi target 1 juta mahasiswa. " Alhamdulillah kami bersyukur karena mendapatkan sambutan positif dalam kegiatan yang kami lakukan," terangnya. Minggu,(23/01/2022).


Ada beberapa hal yang dirinya temui dalam kegiatan di tiga daerah tersebut, salah satunya adalah banyak yang masih belum mengetahui bila UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri. Selain itu, juga ada beberapa permintaan agar bisa membuka S2 Program Studi Bimbingan Konseling. 


Kemudian, dalam kegiatan tersebut, kata Suparti, dirinya menyampaikan bila UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia. " Dasar Hukum Pendirian UT berdasarkan Keppres RI No. 41 Tahun 1984 dan diresmikan 4 September 1984," terangnya. 


Sebagai Perguruan Tinggi Negeri, UT memiliki keunggulan tersendiri, sebab bisa menerapkan sistem belajar yang Mandiri yaitu belajar atas inisiatif sendiri. Kemudian Terbuka artinya siapapun bisa menjadi mahasiswa UT, asal lulus SLTA (memiliki ijazah SMA/sederajat.


Dan yang ketiga adalah Jarak Jauh, artinya perkuliahan bisa dengan tidak bertemu secara langsung oleh dosen, tapi dijembatani dengan media (cetak/elektronik/internet).


Suparti membeberkan, bila banyak keunggulan lain di UT Surabaya, semisal tidak ada batasan : persyaratan usia, tahun ijazah, dan jangka waktu penyelesaian studi. Tidak hanya itu, Kuliah di UT juga mudah diakses, artinya tidak terkendala ruang, waktu dan tempat. Pembelajaran dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, dan dengan siapapun. " Biaya juga relatif terjangkau (termasuk bahan ajar)," pungkasnya. (Sucipto Dosen Pariwisata UT Surabaya/ADV).

Bagikan:

Komentar