|
Menu Close Menu

Selain Khofifah, Politisi Senior Sebut Sadad, Mas Tamam, Lora Fadil dan Ketua Banggar DPR RI Potensial Maju Pilgub Jatim 2024

Sabtu, 15 Januari 2022 | 19.36 WIB

 


Lensajatim.id, Surabaya- Meski gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim masih tahun 2024 mendatang. Tapi sejumlah tokoh mulai diperbincangkan sebagai sosok yang pantas maju dalam Pilgub Jatim mendatang.


Terbaru, pernyataan menarik dilontarkan oleh Sudarsono Rahman. Pria yang merupakan Ketua IPNU Jatim tahun 1988-1992 ini mengaku sebagai kader NU dirinya masih menginginkan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang akan datang tetap duet kader NU.


" Saya selaku kader NU, masih menginginkan Jatim dipimpin duet kader NU," tukas Sudarsono Rahman, yang merupakan politisi senior di Jatim yang pernah menjabat Ketua DPD Partai NasDem Kota Surabaya saat dikonfirmasi media. Jumat, (14/01/2022).


Dorongan dan keinginan tersebut didasarkan pada fakta, bila Jatim merupakan Provinsi yang mayoritas masyarakatnya adalah warga NU. Kemudian, lanjut politisi yang akrab disapa Cak Dar ini, bukan berarti dirinya menolak Gubernur Jatim diluar NU. " Ini hanya murni keinginan saya pribadi sebagai kader NU," tandas Wakil Ketua Umum DPP Barikade Gus Dur.


Ketika disinggung figur dari kader NU di Jatim yang layak memimpin Jatim kedepan. Cak Dar masih mendorong agar Khofifah Indar Parawansa yang saat ini menjadi Gubernur Jatim kembali maju. " Kalau saya lebih baik Khofifah maju lagi di Plgub Jatim, dari pada ngejar Wapres, nanti tidak dapat, Gubernurnya juga malah hilang, kan eman," beber politisi senior yang terkenal Loyalis Mantan Presiden RI, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.


Cak Dar kemudian menjelaskan, kalau pasangan yang ideal kader NU itu bisa Khofifah Indar Parawansa-Abdul Halim Iskandar atau Khofifah Indar Parawansa- Baddrut Tamam ( mewakili  kader muda NU).


Baddrut Tamam atau yang akrab disapa Mas Tamam, saat ini menjabat sebagai Bupati Pamekasan, pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKB.


Khofifah-Halim, kata Cak , sama-sama memiliki rekam jejak yang baik, sama-sama tokoh nasional,pernah menjabat Menteri,Khofifah saat ini menjabat Gubernur Jawa Timur.  Kalau Halim saat ini masih menjabat Menteri. Kemudian, Halim merupakan Ketua Partai Besar di Jatim dan Menjabat Ketua DPRD Jatim. " Bila duet ini terjadi, sangat mungkin suara NU akan menyatu dalam Pilgub Jatim mendatang," urainya.


Meski demikian, Cak Dar juga tidak mengabaikan masih banyak figur-figur di Jatim yang berpotensi bisa maju Pilgub Jatim. Mulai dari Saifullah Yusuf (Wali Kota Pasuruan), Anwar Sadad (Wakil Ketua DPRD Jatim), Thoriqul Haq (Bupati Lumajang), KH. Ach. Fadil Muzakki atau yang akrab disapa dengan Lora Fadil (Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem sekaligus Putra dari Pengasuh Ponpes Al-Qodiri Jember). " Kalau dari tokoh nasionalis ada Tri Rismaharini (Mensos RI mantan Wali Kota Surabaya) dan MH. Said Abdullah (Ketua BANGGAR DPR RI)," pungkas Wakil Ketua MA IPNU Jatim.


Analisa tersebut sangat rasional, sebab, figur-figur yang disebutkan diatas beberapa kali juga muncul dalam beberapa survei Pilgub Jatim 2024. Selain itu, nama-nama yang muncul diatas beberapa kali juga disebutkan oleh pengamat politik terkait sosok yang potensial maju Pilgub Jatim 2024. (Had).

Bagikan:

Komentar