|
Menu Close Menu

Siarkan Proses Wawancara, Bukti Timsel KPU-Bawaslu Bekerja Transparan

Rabu, 05 Januari 2022 | 08.25 WIB

Nor Rahman, Direktur Eksekutif Political Centre. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Surabaya-
Tes wawancara Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI oleh Tim Seleksi KPU-Bawaslu yang disiarkan secara langsung lewat kanal YouTube " Timsel KPU BAWASLU"   pada 26-27 Desember 2021 yang lalu mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan. 


Political Centre, sebagai lembaga yang selama ini konsen pada persoalan pemilu dan demokrasi ikut memberikan apresiasi. " Apa yang dilakukan timsel dalam tes wawancara, dengan menyiarkan secara langsung, itu langkah awal yang baik bagi lahirnya penyelenggara pemilu yang profesional dan berintegritas," tukas Nor Rahman, selaku Direktur Ekskutif Political Centre. Rabu (05/01/2022).


Langkah tersebut, kata pria yang akrab disapa Ainur ini, merupakan upaya serius timsel dalam melakukan proses rekrutmen secara transparan. " Transparansi, keterbukaan itu modal utama untuk memastikan bagaimana proses itu dilakukan secara objektif," tandas peraih gelar Magister Administrasi Publik di Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya ini.


Untuk itu, dirinya berharap nama-nama yang dipilih oleh Timsel adalah orang-orang yang memiliki kompetensi dalam proses penyelenggaraan pemilu. " Penyelenggara pemilu ini ujung tombak dari proses demokrasi dan sangat berpengaruh terhadap penentuan masa depan Indonesia," pungkasnya.


Timsel KPU-Bawaslu periode 2022-2027 telah memilih 24 calon yang lolos dari seleksi tahap lanjutan. Timsel  menyerahkan 24 calon anggota KPU dan Bawaslu kepada Presiden dan rencananya akan diumumkan pada Jumat, 7 Januari 2022.


Ketua Timsel Calon Anggota KPU-Bawaslu, Juri Ardiantoro mengatakan setelah menyerahkan kepada presiden, kemungkinan akan diumumkan kepada publik. Namun, dia tidak dapat memastikan apakah Presiden akan mengumumkan pada tanggal tersebut atau tidak.


"Tergantung agenda presiden. Apakah memungkinkan akan diumumkan tanggal itu (7 Januari) atau (tidak). Terserah Presiden," ujar Juri. Senin, (03/01/2022).


Timsel menyaring 24 nama terdiri dari 14 nama calon anggota KPU dan 10 nama calon anggota Bawaslu. Proses seleksi awal melibatkan 48 peserta yang terdiri dari 28 calon anggota KPU dan 20 calon anggota Bawaslu. Proses ini selesai hingga tahap lanjutan pada Desember 2021. (Had/Red).

Bagikan:

Komentar