|
Menu Close Menu

Sosok Mohammad Haerul Amri, Mantan Ketua PMII Jombang yang Menjabat Anggota DPR RI

Kamis, 24 Februari 2022 | 23.44 WIB

Mohammad Haerul Amri, Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Jombang - Pergerakan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) banyak mencetak kader yang berkiprah dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Salah satunya di dunia politik, banyak kader PMII yang duduk kursi legislatif. Baik di Level Kabupaten/Kota, Provinsi, bahkan hingga DPR RI. 


Dari sekian banyak kader PMII yang duduk di DPR RI ada nama Mohammad Haerul Amri. Mantan Ketua Umum PC PMII Jombang periode 1996-1997 yang baru saja dilantik menjadi anggota DPR RI saat paripurna di Gedung DPR/MPR Jakarta, Jumat (18/2/2022).


Politisi muda yang akrab disapa Bang Aam itu dilantik menjadi anggota DPR RI Dapil Jawa Timur II melalui mekanisme pengganti antarwaktu (PAW) dari Fraksi NasDem yang dipandu langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.


Pelantikan Mohmammad Haerul Amri sendiri berdasarkan petikan Keputusan Presiden Nomor 19/P Tahun 2022 tertanggal 15 Februari 2022 tentang pergantian antarwaktu anggota DPR dan anggota MPR sisa masa jabatan 2019-2024.


Wakil Ketua Umum PP GP. Ansor itu menjabat sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem menggantikan Hasan Aminuddin yang tersandung kasus.


Bang Aam  menjadi tauladan bagi juniornya di PMII. Ia terkenal memiliki karakter yang sederhana namun penuh dengan disiplin serta tanggungjawab yang tinggi.


Karakter itu ia dapat sejak kecil hasil didikan orang tuanya. Orang tuanya sendiri merupakan kiai kampung dan ustazah yang aktif sebagai pengajar didaerahnya. 


Selain itu, Bang Aam juga memiliki wawasan keagaman yang sangat tinggi. Ia pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren  di daerah Jombang, Karawang, dan Cirebon.


Kemudian saat di Perguruan Tinggi,  tepatnya di Fakultas Pertanian Univ Darul Ulum Jombang Haerul Amri terkenal sebagai seorang aktifis. Salah satunya ia aktif di PMII, GP Ansor, Organisasi petani, buruh dan ia juga pernah menjadi jurnalis harian Duta Masyarakat.


Selain kini menjabat Anggota DPR RI, Haerul Amri aktif sebagai Sekjend DPP Garda Pemuda NasDem, Wakil Ketua Umum PP GP Ansor, Majlis Komunikasi Alumni Babakan Ciwaringin Cirebon dan salah satu Ketua DPP Partai NasDem Bidang Pemuda dan Olahraga. (Red).

Bagikan:

Komentar