|
Menu Close Menu

Mengenal Tokoh Nahdliyin Inspiratif, Abdul Halim Iskandar Berhasil Bangun Desa dan Pejabat Egaliter

Selasa, 17 Mei 2022 | 19.00 WIB

Dr (HC) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd, Menteri Desa PDTT RI. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya - Abdul Halim Iskandar adalah kader NU berlatar pendidik yang sukses meniti karir politik. Sejumlah jabatan publik pernah ia pegang, mulai Ketua DPRD Kabupaten Jombang, Ketua DPRD Jatim hingga Menteri Desa PDTT yang notabene pejabat negara. 


Pria yang akrab disapa Gus Menteri ini adalah cicit dari KH. Bisri Syansuri, pendiri NU. Sosoknya low profile dan egaliter, selalu membaur dengan masyarakat. Tak jarang pria yang juga Ketua DPW PKB Jatim ini terlihat makan di warung kelas kaki 5.


"Ia cicit pendiri NU sekaligus pejabat negara, tapi sangat egaliter. Adabnya sangat santri sekali. Ini salah satu alasan kami menetapkan beliau sebagai salah Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022 versi FJN," terang Koordinator Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN), Muhamad Didi Rosadi, Selasa (17/05/2022).


Jurnalis Harian Bangsa yang akrab disapa Diday ini mengungkapkan, saat masih menjabat pimpinan DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar terlihat bisa akrab dengan siapapun. Mulai dari petugas kebersihan, hingga para ASN. 


Sebagai Menteri Desa, Abdul Halim Iskandar juga memiliki peranan besar bagi masyarakat. Ia berhasil menggerakkan pembangunan di desa-desa, lewat BUMDes dan program-program padat karya. 


Diday menambahkan, pembangunan di pedesaan yang massif berdampak positif. Terbukti, jumlah desa miskin terus berkurang, termasuk di Jawa Timur.


"Gus Halim ini tokoh nasional asal Jatim yang berlar nahdliyin, kesuksesan tentu ikut mengharumkan nama Jawa Timur sebagai basis nahdliyin," ujar kader Ansor ini.


Selain, Abdul Halim Iskandar juga terdapat tokoh-tokoh lainnya yang mendapatkan penghargaan itu. Zainudin Amali (Menpora RI), Erick Thohir (Menteri BUMN), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim) dan Mundjidah Wahab (Bupati Jombang), serta Anik Maslachah (Wakil Ketua DPRD Jatim).


"Pemberian ini juga dalam rangka Harlah FJN ke-2. Insya Allah, ini akan berlangsung secara rutin," pungkasnya. (Red).

Bagikan:

Komentar