|
Menu Close Menu

PCI-NU Australia New Zealand Salurkan Dana Zakat dan Infak di Pamekasan

Minggu, 01 Mei 2022 | 14.07 WIB

Panyaluran Zakat Fitrah dan Infak oleh PCI NU Australia New Zealand di Pademawu, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Pamekasan- Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Nahdlatul Ulama New South Wales (NSW), Australia melalui  badan otonomnya yaitu LazisNU - NU Care mengadakan kegiatan tahunan menjelang perayaan idul fitri yaitu pengumpulan zakat fitrah, maal, fidyah, infaq dan shodaqoh  untuk para warga muslim yang berdomisili di negara bagian New South Wales.


Kegiatan ini, disambut antusias oleh warga muslim disana terutama warga Indonesia yang bertempat tinggal di Sydney. Kota Sydney adalah kota terbesar di Australia yang memiliki keragaman budaya dan agama. Populasi muslim di kota tersebut sendiri sangatlah banyak, termasuk warga Indonesia yang bermulim disana. Terkait dengan zakat, awalnya Pengurus PCI NU NSW melihat ini adalah peluang untuk pengumpulannya kemudian disalurkan ke daerah-daerah yang membutuhkan. 


Kegiatan pengumpulan zakat tahun ini adalah tahun kedua dilakukan oleh PCI NU. Dibanding dengan tahun sebelumnya dana zakat yang terkumpul tahun ini semakin meningkat yaitu sebesar 18 juta rupiah (nilai nominal akhir setelah dikonversi dari Australia Dollar ke Rupiah). 


Sedangkan untuk penyalurannya, untuk tahun ini bekerjasama dengan remaja Mushalla Al-Azhar, yang ada di dusun Lepek, Sumedangan, Pademawu, Pamekasan Madura, Jawa Timur.


Dalam acara serah terima melalui pertemuan online, Maslathif Dwi Purnomo, selaku wakil ketua Tanfidziyah (New South Wales) mengatakan “Ini Zakat fitrah, Zakat Maal, Fidyah, Infaq dan Shodaqoh dari para penduduk muslim di Sydney, Australia, mohon diterima dengan ikhlas untuk kesempurnaan puasa mereka, serta membersihkan dan mensucikan harta mereka, Jazakumulah Ahsanal Jaza”," ucapnya.


Selanjutnya, Maslathif yang juga kandidat doktor di Charles Sturt University mengaku bersyukur tahun ini pihaknya bisa mengumpulkan zakat fitrah, maal, fidyah, infaq dan shodaqoh  tahun ini. " Dan Alhamduillah bisa disalurkan kepada yang berhak di sini (Pademawu)," tambahnya.


Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh ketua Tanfidziyah PCI NU Australia New Zealand, Yusdi Maksum, atas penyaluran zakat yang diselenggarakan di Pademawu-Pamekasan. 


Menurut keterangan pihak Pademawu-Pamekasan, penyaluran zakat ini dimulai dari jam 08,00 hingga menjelang dhuhur. Zakat  disalurkan ke keluarga yang membutuhkan  berupa beras dan uang tunai. 


Secara teknis, mereka yang mempersiapkan paket zakat, membeli beras hingga penyalurannya yang terpusat di komplek mushalla Al-Azhar maupun door to door kepada mustahik. Ada dua macam paket zakat yang dipersiapkan, pertama 3 kg beras dan uang 50 ribu rupiah sebanyak 100 paket, kedua 5 kg beras sebanyak 305 paket. Paket zakat ini disalurkan kepada mustahik yang berdomisili di Sumedangan dan Pademawau Barat. 


Menurut Sadik, Koordinator penyaluran Zakat menjelaskan bila  penyaluran zakat dilakukan oleh teman-teman takmir mushalla, mulai dari membeli beras, mempersiapkan paket zakat hingga penyalurannya. 


" Kami mengucapkan terima kasih kepada jamaah NU di Australia, khususnya para pengurus PCI-NU yang telah mempercayakan kepada kami dalam penyaluran zakatnya”, ungkapnya.


Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh para mustahik atas zakat yang mereka terima. "Alhamdulillah mator sakalangkong se bennyak (terima kasih sebanyak-banyaknya) atas zakatnya. Mator sakalangkong ghi (terima kasih)", kata, Tuhah, salah seorang mustahik. (Ja).

Bagikan:

Komentar