|
Menu Close Menu

Perkuat Kaderisasi di Kampus Luar Negeri, IKA PMII Jatim Usul Mapaba dan PKD Virtual

Senin, 13 Juni 2022 | 08.27 WIB

Pelantikan Pengurus PW IKA PMII Jawa Timur di Hotel Bumi Surabaya. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Ketua Umum Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PW IKA PMII) Jawa Timur, Thoriqul Haq mengusulkan agar proses kaderisasi formal di PMII bisa dikembangkan secara virtual.


Hal tersebut bukan tanpa alasan, menurut Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq ini, sekarang banyak dari kalangan menengah,  anak dari alumni PMII yang kuliah di Kampus Luar Negeri.


" Jadi sekarang ini banyak anak dari alumni-alumni PMII yang karena kualitas kompetensinya mereka kuliah di kampus-kampus Luar Negeri, nah ini harus dipikirkan bagaimana agar mereka juga tetap bisa PMII," jelas Cak Thoriq saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan dan Rakerwil PW IKA PMII Jatim di Hotel Bumi Surabaya. Minggu (12/06/2022).



M.Syukri, Wakil Ketua PW IKA PMII Jatim saat foto bersama dengan PC IKA PMII Kabupaten Sumenep. (Dok/Istimewa).


Sedangkan, hingga saat ini belum ada Komisariat PMII di Kampus-Kampus ternama di Luar Negeri, Seperti di Jepang, Australia, Amerika dan Negara lainnya.


" Makanya saya usul ini Mas Abe (Ketum PB PMII), agar Mapaba PMII bisa dilakukan secara virtual, PKD juga bisa dilakukan secara online, sebab sekarang juga eranya juga sudah kegiatan berbasis online dan virtual," tegasnya.


Dengan begitu, mereka akan tetap bisa mengikuti proses kaderisasi, orang tuanya juga akan tetap bangga anaknya bisa ber-PMII. Pulang ke Indonesia dengan kompetensi yang bisa dikompetisikan.


Ditempat yang sama Hanif Dakhiri, Sekjend PB IKA PMII menyampaikan selamat dan sukses atas dilantiknya PW IKA PMII Jawa Timur. Pihaknya yakin, IKA PMII Jawa Timur mampu melakukan distribusi kadernya diberbagai lini kehidupan.


Kemudian, dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Khofifah Indar Parawansa, mengungkapkan bila Jatim memiliki potensi luar biasa. Pada 2021, 5 desa di Jawa Timur masuk rangking 10 besar desa dengan indeks tertinggi. " Dan Insyallah untuk tahun 2022 juga nanti akan juga ada yang masuk 10 besar," tukasnya.


M. Syukri, Wakil Ketua PW IKA PMII Jatim menambahkan bahwa IKA PMI Jawa Timur memiliki potensi yang sangat besar, dengan jumlah kader dan alumni yang besar, maka kehadirannya juga harus bisa memberikan kemanfaatan yang lebih besar lagi untuk masyarakat Jawa Timur bahkan Indonesia.


" Semoga IKA PMII Jawa Timur semakin lebih baik lagi, mampu melakukan distribusi kader di berbagai sektor," tukas pria yang juga Wakil Ketua DPRD Sumenep dari PPP ini.


Pelantikan dan Rakerwil PW IKA PMII dihadiri oleh ratusan alumni PMII Se-Jatim, tampak hadir juga  Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad, Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim Fauzan Fuadi, Ketua Umum PB PMII, Muhammad Abdullah Syukri yang akrab Abe, Anggota Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi, dan berbagai tokoh PMII lainnya. (Had).

Bagikan:

Komentar