|
Menu Close Menu

8 Pengurus Ranting GP Ansor Se-Kecamatan Nonggunong Sumenep Ikuti Akreditasi

Minggu, 24 Juli 2022 | 06.18 WIB

KH. M.Imam Haromain, Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Sumenep saat dalam kegiatan akreditasi Pengurus Ranting GP Ansor Se-Kecamatan Nonggunong Sumenep. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Sumenep- Sebanyak 8 Pengurus Ranting Gerakan Pemuda Ansor (PR GP Ansor) Se-Kecamatan Nonggunong Kabupaten Sumenep mengikuti kegiatan akreditasi yang dilakukan oleh PC GP Ansor Kabupaten Sumenep. Sabtu, (25/07/2022).


8 tersebut adalah sebagai berikut,  1. Ranting GP Ansor Desa Nonggunong,  2. Ranting GP Ansor Desa Rosong,  3 Ranting GP Ansor Desa Talaga,  4 Ranting GP Ansor Desa Sokarame Paseser,  5 Ranting GP Ansor Desa Sokarame Timur,  6. Ranting GP Ansor Sonok,  7.Ranting GP Ansor Desa Somber, dan 8 Ranting GP Ansor Desa Tanah Merah.


Sebelumnya, mereka melakukan visitasi akreditasi, koordinasi internal terkait penyusunan berkas administrasi kegiatan yang telah dilaksanakan, sebagai syarat untuk mengikuti akreditasi.


Sibawi, Ketua PAC GP Ansor Nonggunong, dalam sambutannya menyampaikan bahwa  akreditasi wajib diikuti oleh ranting setiap 1 tahun sekali. Kemudian juga sekaligus sosialisasi hasil rapat pimpinan bersama Pengurus Harian (PH) Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Nonggunong beberapa waktu lalu.


“Kegiatan yang telah kita lakukan nantinya akan dituangkan dalam akreditasi yang fungsinya antara lain untuk mengetahui kelayakan dan kinerja organisasi dengan mengacu pada indikator-indikator yang telah ditentukan secara proporsional,” jelasnya.


Kedua,  sebagai pertanggung jawaban kegiatan organisasi sesuai dengan visi dan misi GP Ansor, serta guna meningkatkan kualitas dan kinerja organisasi. Hasil akreditasi ranting nantinya juga akan berpengaruh pada hak suara dalam forum konferensi.


“Pimpinan ranting yang mendapatkan akreditasi A, diberikan tambahan 1 hak suara pada forum konferensi dan ketua petahana diberikan hak untuk mencalonkan kembali menjadi ketua sepanjang memenuhi syarat,” paparnya.


Berikutnya, ranting yang mendapatkan akreditasi B, diberikan hak suara pada forum konferensi. Sedangkan ranting yang mendapatkan akreditasi C, diberikan sanksi kehilangan hak suara pada forum konferensi. " Dan bagi ranting yang mendapatkan akreditasi D diberikan sanksi berupa pembekuan," bebernya.


Pada tahun sebelumnya, PR GP Ansor Se Kecamatan Nonggunong memperoleh nilai akreditasi A dan menjadi ranting terbaik di Kepulauan Sumenep. " Pada tahun ini, optimis bisa mempertahankan predikat tersebut," tandasnya.


“Kami siap menjalani akreditasi, karena kegiatan PR GP Ansor Se Kecamatan Nonggunong cukup banyak dan hampir semuanya tercatat dan terdokumentasi dengan baik. Kegiatan yang kita laksanakan diantaranya rutinan Rijalul Ansor, PAM Pengajian , juga PAM Acara Ke NU di Hari Besar Islam,” tambahnya.


Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Sumenep, K. Qumri Rahman, saat dikonfirmasi secara terpisah menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Nonggunong  yang telah banyak membantu dan Berpartisipasi di kegiatan yang Di Komando Oleh PC GP Ansor di Kabupaten Sumenep.


Diterangkannya, bahwa akreditasi tersebut sebagai syarat penting dalam keikutsertaan Konferensi Cabang (Konfercab) GP Ansor Sumenep dan Juga Konferensi di Tingkat Kecamatan Nonggunong yang rencananya akan dihelat pada 25 Juli 2022 Lusa.


“Akreditasi merupakan tolak ukur pencapaian setiap periodesasi, PC GP Ansor Sumenep sudah sekian kalinya masih bertahan mendapatkan nilai akreditasi A, dan sekitar 70% PAC dari 8  Desa Se Kecamatan Nonggunong yang ada di Kabupaten Sumenep sudah mendapatkan akreditasi A. Kadang di level ranting ada yang memiliki kesulitan tersendiri untuk mengikuti akreditasi,” tuturnya.


Berkaitan dengan akreditasi, dirinya teringat pepatah para senior sahabat Ansor terdahulu, yaitu “lakukan apa yang kamu tulis dan tulis apa yang kamu lakukan”. " Kalau melihat borang atau penilaian yang ada dalam akreditasi, PAC dan ranting Ansor se-Kabupaten Sumenep sudah melakukannya," jelasnya.


Pihaknya berap semuanya mendapatkan nilai yang bagus, sehingga saat konferensi nanti semuanya bisa ikut menjadi peserta penuh. (Yud).

Bagikan:

Komentar