|
Menu Close Menu

Idul Adha 2022, UPZ IAIN Madura Sembelih Dua Ekor Kambing Kurban

Senin, 11 Juli 2022 | 11.55 WIB

Penyembelihan Kambing Kurban oleh UPZ IAIN Madura. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Pamekasan- Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menyembelih dua ekor kambing kurban pada momentum Hari Raya Idul Adha 2022. Penyembelihan dilakukan di area Kampus IAIN Madura. Senin, (11/07/2022).


Dua kambing tersebut dari Moh. Irfan, yang kemudian dibagikan kepada penerima sebanyak 70 paket. Penerimanya selain warga sekitar juga karyawan kontrak yang ada di lingkungan Kampus IAIN Madura.


" Dua kambing yang kami sembelih sudah dinyatakan sehat dan bebas PMK," terang Elman Duro,  Ketua UPZ IAIN MADURA saat dikonfirmasi media. Senin, (11/07/2022).





" Harapannya agar bisa meniru kesabaran dan kebahan Nabi Ibrohim, bagi seluruh warga kampus IAIN Madura khususnya," tambah Elman yang merupakan mantan Aktivis Demonstran Pamekasan ini.


Idul Adha pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebutan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.


Selain itu juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.


Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.


Tetapi, Idul Adha tahun 2022 ini memang terlihat berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, jelang idul adha, lagi marak Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Sehingga pada proses kurban juga ada aturan yang diterapkan demi memastikan hewan kurban yang disembelih terbebas dari penyakit. (ED).

Bagikan:

Komentar