|
Menu Close Menu

Dipimpin KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, IKSASS Adakan Napak Tilas Perjuangan KHR As’ad Syamsul Arifin di Pamekasan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21.31 WIB

KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy, Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo saat memimpin acara Napak Tilas Perjuangan KHR. As'ad Syamsul Arifin di Pamekasan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Pamekasan- Dengan dipimpin langsung oleh KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy, ribuan alumni, santri dan masyarakat umum mengikuti kegiatan Napak Tilas untuk " Meneladani Perjuangan KHR. As’ad Syamsul Arifin dan Menyongsong Satu Abad NU”. 


Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSASS) Sukorejo, Situbondo Jawa Timur Rayon Pamekasan, bertempat di Pondok Pesantren (PP) Al-Falah Sumber Gayam, Kadur, Pamekasan .


Ribuan peserta yang ikut kegiatan napak tilas itu berjalan   dari PP Al-Falah Sumber Gayam sampai ke Yayasan Riyadus Sholihin Kadur Pamekasan, dengan jarak tempuh perjalanan empat kilometer.


M. Syukri, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumenep (Alumni Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo) saat bersama dengan KHR Azaim Ibrahimy, Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo dalam acara Napak Tilas Perjuangan KHR As'ad Syamsul Arifin di Pamekasan. (Dok/Istimewa).


Pelepasan dan pemberangkatan peserta napak tilas ditandai penyerahan bendera merah putih sebagai simbol perjalanan KHR. As’ad oleh KH. Hefni Toha kepada KHR. Azaim Ibrahimy, Pengasuh PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, dilanjutkan penyerahan bendera NU dari KH. Baidhowi, Ketua Tanfidziah MWCNU Kadur kepada H. Hairul Umam sebagai Bendahara MWCNU Kadur dan penyerahan bendera IKSASS oleh Ketua Panitia, Moh. Fudholi kepada Kolonel CPM. Moh Sawi, SH. sebagai Anggota IKSASS yang sedang menjabat Pomdam V Brawijaya.


KH. Afifuddin Thaha, Pengasuh PP Al-Falah Sumber Gayam mengatakan, KHR. As’ad Syamsul Arifin sebagai ulama besar dan pahlawan nasional yang tidak pernah patah semangat memperjuangkan kemerdekaan.


“Dengan adanya kegiatan napak tilas ini nantinya kita akan merasakan bagaimana perjuangan beliau. Jika dulu Kiai As’ad Memperjuangkan kemerdekaan, maka sekarang kita harus menjaga dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” papar Kiai Afif, sapaan akrabnya.


M. Syukri, salah satu alumni PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, yang ikut dalam kegiatan tersebut menambahkan bahwa kegiatan itu mampu menggugah hatinya untuk bisa menauladani perjuangan Kiai As'ad.


" Saya sebagai alumni merasa bangga, bisa ikut bersama-sama dengan pengasuh (KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy) mengenang, ikut menauladani perjuangan Almarhum KHR. As’ad Syamsul Arifin sebagai Pahlawan Nasional, betapa gigihnya perjuangan beliau dalam memerdekakan Indonesia," ucap M. Syukri. 


Perjuangan, beliau lanjut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumenep ini sungguh luar biasa dalam perjuangan kemerdekaan. 


" Perjuangan beliau harus kita tauladani, semangatnya harus juga menjadi motivasi bagi kita untuk mempertahankan kemerdekaan yang sudah beliau perjuangankan," tukasnya. 


Pihaknya, berharap dengan kegiatan yang dilaksanakan mampu membangkitkan semangat juang para generasi saat ini. 


" Apalagi saat ini bertepatan dengan bulan kemerdekaan RI ke 77, semoga perjuangan beliau menginspirasi semua generasi bangsa," tandas Sekretaris DPC PPP Sumenep ini. 


Sukri lalu menceritakan bahwa dalam kegiatan Napak Tilas itu, jalan kaki selama kurang lebih 4 km melewati jalan setapak, melewati jalan pegunungan. 


" Itu membuktikan bahwa perjalanan perjuangan beliau pada saat itu melewati jalan terjal, bukan jalan yang biasa," pungkasnya. (Had).

Bagikan:

Komentar