|
Menu Close Menu

PKS Gelar Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Presiden Soekarno tingkat Provinsi

Selasa, 23 Agustus 2022 | 22.24 WIB


Tangkap Layar kegiatan lomba baca teks proklamasi mirip  suara Presiden Soekarno yang diselenggarakan oleh Fraksi PKS DPRD Jatim. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya-Bangsa yang besar, adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah bangsanya sendiri. Untuk itulah, Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Timur menggelar Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Presiden Soekarno. 


Hal itu disampaikan oleh Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan saat memberi sambutan, Minggu 21 Agustus 2022. 


Menurut Irwan, Proklamasi 17 Agustus 1945 merupakan momen besar bukan saja bagi bangsa dan negara Indonesia, tetapi juga bagi bangsa-bangsa lainnya, khususnya di Asia dan Afrika. 


"Ini momen persatuan bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa di dunia karena begitu Indonesia merdeka banyak bangsa-bangsa dunia yang ikut memproklamirkan kemerdekaan bangsanya," ujar pria 46 tahun itu.


Momen persatuan dan kesatuan ini menurutnya sangat mahal harganya. Karena, di sana ada darah para pejuang, ada cucuran keringat dan air mata para pendiri bangsa, dan ada pengorbanan yang begitu besar dari seluruh rakyat Indonesia. 


"Untuk itu kita semua harus menjaga warisan kemerdekaan ini dengan sungguh-sungguh karena Indonesia ini milik kita bersama, bukan milik saya, bukan pula milik kelompok tertentu," tegasnya.


Proklamasi, Irwan melanjutkan,  tidak terlepas dari sosok Soekarno sang Proklamator. Padanya terhimpun jejak panjang perjuangan kemerdekaan Indonesia, bagian dari founding fathers, serta tokoh nasionalis yang menjadi panutan bagi seluruh rakyat Indonesia.


Dalam sambutannya, Irwan kemudian mengapresiasi puluhan peserta muda yang berpartisipasi dalam lomba ini. 


Menurutnya, keikutsertaan para peserta dari generasi milenial dan Z ini menjadi bentuk dukungan kepada PKS Jatim untuk terus berjuang agar generasi muda milenial mampu utk terus berjuang nyata utk bangsa. 


“Dengan lomba ini,  PKS ingin memberikan kontribusi yang positif dan konstruktif untuk mengokohkan kehidupan berbangsa dan bernegara; mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk mengimplementasikan makna proklamasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.


Tak hanya itu, dengan momen ini, Irwan mengajak seluruh rakyat untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan kontribusi nyata bagi bangsa. Khususnya para generasi milenial dan gen Z yang jumlahnya lebih dari 49 persen penduduk Jatim. 


"Generasi milenial adalah generasi yang akan mewarisi estafet perjuangan bangsa ini kedepan. PKS mengajak mereka menjadi patriot bangsa," tegas pria yang pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Jatim selama 2 periode itu. 


Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Timur, Dwi Hari Cahyono memberi selamat kepada pemenang terpilih Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Presiden Soekarno dari Jatim.


"Terima kasih kepada semua peserta, kepada Anda semuanya. Estafet kepemimpinan negeri ini ada dipundak Anda. Tetap tumbuh suburkan semangat nasionalisme berbingkai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI," tegasnya.


Menurutnya, kemenangan sesungguhnya adalah kesuksesan kita mengalahkan rasa takut, rasa malas dan sebagainya. Sehingga keberhasilan sejauh ini adalah hakikatnya sudah merupakan sebuah kemenangan. 


Dalam kesempatan itu diumumkan 6 pemenang lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Presiden Soekarno.


Juara 1 dimenangkan oleh Samsul Bahri dari Kabupaten Jember. Sementara juara 2 adalah Wase Bintang Nuari,  dari Kabupaten Banyuwangi. Dan Juara 3 adalah Miftakhul Firman Ferdiansyah Efendi dari Kab Gresik. 


Sementara Juara Harapan 1 adalah Sukron Ma'mun, dari Kab. Pasuruan. Juara harapan 2 dan 3 adalah Amara Rusita Sari dari Kab Blitar dan Saifullah Romadon dari Jember.


"Juara pertama akan mewakili Jawa Timur untuk dilombakan ke DPP PKS melawan pemenang dari provinsi lain di Indonesia. Semoga Jatim menang lagi setelah sebelumnya menjadi juara 1 Lomba Baca Kitab Kuning, Aamiin," harap Dwi.(Had/Red).

Bagikan:

Komentar