|
Menu Close Menu

Peringati Hari Pahlawan, Pemprov Jatim Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 3.219 Meter di Jembatan Suramadu

Jumat, 11 November 2022 | 17.15 WIB

Pemprov Jatim berhasil memecahkan rekor muri dengan membentangkan kain merah putih sepanjang 3.219 meter di Jembatan Suramadu. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya - Pemprov Jawa Timur memecahkan dua Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) di Peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022). Penghargaan MURI tersebut berhasil diraih atas dua kegiatan yang dilakukan di Jawa Timur. 


Pertama, rekor yang dipecahkan Pemprov Jatim adalah pembentangan kain merah putih sepanjang 3.219 meter di Jembatan Suramadu. Aksi yang sarat dengan nilai nasionalisme dan kepahlawanan ini dicatat MURI sebagai pembentangan kain terpanjang di dunia yang dilakukan di jembatan. 


Berikutnya rekor MURI juga didapatkan Pemprov Jatim melalui aksi minum jamu tradisional beras kencur  usai upacara Harwan dengan peserta terbanyak. Dengan melibatkan peserta sebanyak 20.770 orang se Jatim secara hybrid, aksi yang menjadi simbol kebangkitan UMKM Jatim ini dicatat MURI sebagai yang terbanyak di dunia. 


Dua penghargaan pemecahan Rekor MURI Dunia tersebut diserahkan langsung oleh Perwakilan MURI Triono kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di ujung Jembatan Suramadu Sisi Surabaya, Kamis (10/11) pagi.


Lebih lanjut Gubernur Khofifah menjelaskan kegiatan pembentangan kain merah putih sepanjang 3.219 meter tersebut adalah bentuk penguatan Karakter Kepahlawanan dan nasionalisme dalam nafas ke Indonesiaan yang dilakukan oleh para siswa dan juga ASN Pemprov  Jatim. 


Total ada sebanyak 1.750 orang yang terlibat sebagai peserta yang membentangkan bendera merah putih. Dengan 1.200 orang diantaranya adalah ASN Pemprov Jatim dan 550 sisanya adalah pelajar SMAN 19 Surabaya.


Kain merah putih sepanjang 3.219 meter itu dijahit oleh siswa siswi LP. Ma'arif Kabupaten Mojokerto, yang kemudian bersama-sama 1.750 orang dibentangkan di Jembatan Suramadu. Ini adalah wujud karakter kepahlawanan dan nafas nasionalisme yang bertemu momebtum Hari Pahlawan 10 November 2022. Suasana heroik  begitu kental yang ditunjukkan oleh warga Jawa Timur selama tiga jam dibentangkan di jembatan SURAMADU. (Red).

Bagikan:

Komentar