|
Menu Close Menu

Polda Jatim Berhasil Amankan 5000 Bahan Bom Ikan

Jumat, 11 November 2022 | 08.16 WIB

5000 bahan bom ikan yang berhasil diamankan oleh Polda Jatim. (Sumber Foto: Humas Polda Jatim)


Lensajatim.id, Surabaya - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) berhasil ringkus dua  pelaku yang terlibat dalam pengiriman 5000 bahan detonator bom ikan. 


Diketahui, bahan yang bisa merusak habitat laut ini diamankan oleh di Pelabuhan Jangkar, perairan Situbondo, Jawa Timur (Jatim).


Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengatakan, bahan detinator bom ikan tersebut ditemukan petugas pada Rabu (9/11/2022) kemaren sekitar pukul 16.00 WIB di Pelabuhan Jangkar.


“Jumlahnya kurang lebih 5000.  Pengungkapan ini merupakan keberhasilan Tim Ditpolairud Polda Jatim dalam rangka penegakan hukum di perairan," katanya kepada sejumlah awak media, Kamis (10/11/2022).


Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa  menggunakan bom ikan ini bisa  merusak terumbu karang dan juga merusak lingkungan di perairan sehingga sangat dilarang oleh pemerintah. 


"Kita harus basmi itu. Kita komitmen membasmi terkiat tindak pidana di perairan,” kata  Dirmanto menegaskan.


Ditanya tujuan pengiriman bahan detonator bom tersebut, Dirmanto mengungkapkan bom ikan tersebut akan dikirimkan ke wilayah Situbondo dan Probolinggo. Bahkan ada juga yang dijual ke daerah Sulawesi Selatan dan Kalimantan.


“Sekali lagi itu bom ikan ya. Bukan bom. Jadi bahan detonator bom ikan. Jelasnya itu. Dan tidak ada kaitannya dengan G20,” pungkasnya. (Fauzi)

Bagikan:

Komentar