|
Menu Close Menu

UTM Gelar Seminar dan Pameran BUMDes

Rabu, 30 November 2022 | 20.51 WIB

Seminar Nasional dan Pameran Produk BUMDes dalam rangka Dies Natalis FEB UTM ke 40. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura (FEB UTM) menggelar Seminar Nasional dan Pameran Produk BUMdes dalam rangka Dies Natalis FEB UTM ke-40, Rabu (30/11/2022).


Bertempat di Gedung Pertemuan UTM, acara yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) ini dihadiri secara daring oleh Taufik Madjid, S.Sos., M.Si, Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT sebagai keynote speech dan Adriyanto dari DJPK Kementerian keuangan Republik Indonesia sebagai pembicara.


Dr. Sutikno, SE, ME., Dekan FEB UTM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan negara dan BUMDes merupakan penggerak perekonomian.


"Desa berperan penting dalam pembangunan dan Bumdes merupakan penggerak perekonomian negara, maka dibutuhkan langkah-langkah strategis untuk memperkuat Desa dan Bumdes" ucap Sutikno sekaligus membuka acara.


Sementara itu, Rektor UTM, Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si., menyampaikan materi tentang BUMDes sebagai kunci kemandirian dan tulang punggung bangsa.


Dalam paparannya, Muh. Syarif menjelaskan bahwa Universitas Trunojoyo Madura hingga saat ini tetap fokus untuk penelitian dan pengabdian dalam pengembangan potensi desa dan BUMDes Dengan Komoditas Prioritas UTM yakni Garam, Jagung, Jamu Rempah, Sapi, Tembakau dan Wisata khususnya wisata halal.


Seminar ini juga menghadirkan Analis Kebijakan Ahli Muda M. Devis Susandika selaku staff ahli mewakili Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Ekonomi dan Agus Sarbini, Direktur BUMDes Kamal Kecamatan Kamal yang juga merupakan Ketua Forum BUMDes Kabupaten Bangkalan.


Selain menggelar Seminar Nasional, ditempat yang sama juga digelar Pameran BUMDes yang diikuti sekitar 50 BUMDes yang ada di Madura dan sekitarnya dengan menampilkan hasil produk masing-masing. (fiq/red).

Bagikan:

Komentar