|
Menu Close Menu

Jelang Verifikasi Faktual Dukungan Bacalon Anggota DPD RI, PPK Batuputih Gelar Bimtek

Kamis, 16 Februari 2023 | 21.41 WIB

PPK Batuputih saat melakukan Bimtek VerFak Dukungan Bacalon Anggota DPD RI Dapil Jatim pada Kamis, 16 Februari 2023. (Sumber Foto: Fauzi)

Lensajatim.id, Sumenep – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Penyerahan Lembar Kerja Verifikasi Faktual (Verfak) Kesatu Dukungan Bakal Calon (Bacalon) Anggota DPD RI Provinsi Jawa Timur untuk Pemilu tahun 2024. Kamis, 16 Februari 2023.


Kegiatan yang dilaksanakan di sekretariat PPK Kecematan Batuputih yang beralamat di Jl. Raya Batuputih Kecamatan Batuputih, dihadiri oleh 6 Desa  Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang terdiri dari Ketua PPS dan Devisi Teknis sebagai sampel kegiatan tersebut.


Ketua PPK Batuputih, Subaidi mengatakan bahwa regulasi pelaksanaan verifikasi faktual diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017, Perpu nomor 1 tahun 2017, dan PKPU nomor 10 tahun 2022.


”Untuk Jawa Timur, jumlah dukungan minimal calong anggota DPD sebanyak 5000. Berdasarkan pada jumlah DPT yang ada,” katanya menjelaskan kepada media ini, Kamis (16/02/2023).


Lebih lanjut, diirinya meminta pada kegiatan Bimtek tersebut agar penyelenggara Pemilu (PPS-red)  untuk terus menjalin komunikasi baik dengan semua kalangan menjelang Pemilu 2024 mendatang.


"PPS, Staf PPS, Pantarlih kami harapkan menjalin komunikasi baik kapada tokoh masyarakat maupun pengawas, khususnya pada tahapan verifikasi faktual ini," tegas Subaidi.


Selain itu, tambahan pria kelahiran Desa Batuputih Daya tersebut, PPS selalu memantau aktivitas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam melakukan pencoklitan kepada masyarakat di desanya masing-masing.


"Kinerja Pantarlih sudah masuk hari ke lima, mohon dipantau kinerja mereka dan melaporkan hasil coklit harian kapada kami," tandasnya.


Sebatas informasi tambahan, adapun jumlah nama-nama pendukung calon DPD yang akan dilakukan verifikasi di Kabupaten Sumenep berjumlah 1653 nama yang tersebar di 23 Kecamatan dari sejumlah 27 Kecamatan yang ada. (Fauzi)

Bagikan:

Komentar