|
Menu Close Menu

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Sebut Pemberantasan Korupsi di Indonesia Terus Mengalami Perbaikan

Selasa, 07 Februari 2023 | 22.23 WIB

Ahmad Sahroni, Wakil Ketua Komisi III DPR RI. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jakarta- Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mengatakan, upaya pemberantasan korupsi di Indonesia memang belum sempurna, namun terus mengalami perbaikan.


Sahroni menyampaikan itu menanggapi indeks persepsi korupsi (IPK) yang dikeluarkan Transparency International. IPK Indonesia turun 4 poin dibandingkan tahun lalu dari 38 menjadi 34 poin.


“Pemberantasan korupsi di negara kita memang belum sempurna. Tapi seiring waktu berjalan, perbaikan-perbaikan yang dilakukan terbukti memperlihatkan hasil yang baik," kata Sahroni dalam keterangannya, Senin (6/2/2023).


Legislator NasDem itu menambahkan, perbaikan yang dilakukan dapat dilihat dari upaya pemberantasan korupsi. Banyak kasus korupsi skala besar berhasil diungkap aparat penegak hukum.


“Ditambah kini dari segi adaptasi kebijakan dan juga peran aktif masyarakat, saya yakin kita sedang menuju arah yang sangat cerah. So we are on the right track,” tegas Sahroni.


Legislator NasDem dari Dapil DKI Jakarta III (Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu) itu berharap Indonesia nantinya memiliki sistem pencegahan dan pengawasan yang sangat ketat. Sehingga, tidak hanya mengandalkan operasi tangkap tangan (OTT) dalam pemberantasan korupsi.


"Jadi tetap dukung penuh OTT, namun dengan catatan harus dibarengi dengan hadirnya sistem yang luar biasa ketat," sebut dia.


Sahroni juga menyampaikan, sistem pencegahan harus mampu menutup segala celah korupsi yang ada. Sehingga, tidak ada lagi upaya mengakali aturan untuk mencuri uang rakyat.


"Untuk coba mencuri saja mereka tidak akan bisa. Dengan begitu saya optimistis pemberantasan korupsi di negara kita dapat melesat jauh lebih hebat lagi,” pungkasnya. (medcom/*)

Bagikan:

Komentar