|
Menu Close Menu

Apresiasi Aplikasi Satu Sehat, Komisi IX DPR RI : Harus Mudahkan Masyarakat

Rabu, 01 Maret 2023 | 22.02 WIB

Nurhadi, Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi NasDem. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jakarta- Nurhadi,  Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, menyambut positif pergantiaan aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat.


Dirinya  berharap aplikasi baru ini tidak lagi membuat masyarakat susah dalam mengakses data kesehatannya.


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi melakukan perubahan aplikasi PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT mulai Rabu (1/3).


“Saya menyambut baik gantinya aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat. Saya berharap pergantian yang dilakukan secara otomatis mulai hari ini berjalan lancar, sehingga tidak merepotkan masyarakat seperti harus mendaftar ulang,” kata Nurhadi dalam keterangannya, Rabu (1/3).


Lebih lanjut Nurhadi juga berharap seluruh data kesehatan yang ada di PeduliLindungi bisa tersimpan otomatis di Satu Sehat, termasuk sertifikat vaksinasi covid-19.


"Karena di aplikasi baru nanti tersimpan medical record pengguna. Saya ingatkan agar kerahasiaan data tetap dijaga, jangan bocor atau disalahgunakan," tukas legislator dari Dapil Jawa Timur VI (Kabupaten Tulungagung, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Blitar) itu.


Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan perubahan dari aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat dimaksudkan agar seluruh data fasilitas kesehatan bisa terkoneksi dengan Kemenkes.


Budi menambahkan, aplikasi Satu Sehat tidak hanya berisi data covid-19, tapi juga berisikan data kesehatan lainnya.


“Itu seluruh rumah sakit, laboratorium, apotek, klinik, dan puskesmas harus nyambung ke data kita, tapi kita nggak ubah aplikasinya. Jadi apa pun aplikasinya di rumah sakitnya bisa nyambung ke kita yang penting datanya standar dan sesuai,” ujar Menkes.(Red).

Bagikan:

Komentar