|
Menu Close Menu

PMII Jatim Minta KPK Independen Soal Pencopotan Endar Priantoro

Rabu, 12 April 2023 | 23.55 WIB


Ketua PKC PMII Jawa Timur, Baijuri (tengah) saat menggelar konferensi pers menyikapi kontroversi Ketua KPK RI Firli Bahuri, pada Rabu (12/4/2023). (Sumber Foto: Istimewa)


Lensajatim.id Surabaya – Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) Jawa Timur (Jatim) sebut keputusan Ketua KPK RI Firli Bahuri menimbulkan kekacauan dan kontroversi usai mencopot Endar Priantoro dari kursi Direktur Penyelidikan KPK RI pada 31 Maret 2023 lalu.


Ketua Umum PKC PMII Jawa Timur, Baijuri mengatakan bahwa pencopotan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK RI, padahal, sebelumnya Kapolri telah memperpanjang masa penugasan Endar di KPK dengan surat yang ditandatangani pada 29 Maret 2023 kemaren.


Namun, KPK justru menerbitkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian dengan hormat Endar Priantoro pada 31 Maret 2023 dengan alasan masa penugasannya telah berakhir tanpa melakukan koordinasi dengan institusi Polri.


“Pemberhentian ini menurut kami  tidak sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku. Sebab, saat kami melakukan konfirmasi ke sejumlah pimpinan KPK ternyata kebijakan tersebut atas dasar otoritas Ketua KPK yang mengklaim hasil kesepakatan bersama pada saat rapat pimpinan,” Rabu (12/4/2023).


Lebih lanjut, dirinya menyebut bahwa sampai saat ini tidak ada alasan rasional yang mendasari pemberhentian Brigjen Endar. Bahkan, Firli Bahuri dan pegawai KPK yang terlibat dalam proses pemberhentian Endar diduga telah melanggar kode etik.


“Oleh karena itu berbagai pihak mengecam kebijakan yang dikeluarkan Ketua KPK dan meminta kepada Dewan Pengawas KPK untuk mengusut dan menyelesaikan masalah ini,” paparnya.


Mantan Ketua PC PMII Jember itu menambahkan, kontroversi Firli sudah terjadi bahkan sebelum dia menjadi Ketua KPK. Padahal, pada 2018 lalu, 26 OTT bocor di mana saat itu ia baru menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK, persisnya terjadi usai pegawai KPK ajukan surat perintah penyelidikan.


"Pengajuan sprint penyadapan dan telaah kasus hingga imbasnya OTT bocor, penyelidik malah yang di-OTT target dan sebagai antisipasi, penyelidik menggunakan uang pribadi untuk operasi, kemudian di-reimburse,” katanya menegaskan.


Oleh karena itu, pria kelahiran Bondowoso itu berharap KPK sebagai lembaga independen yang dibentuk negara dengan tujuan meningkatkan daya guna pemberantasan tindak pidana korupsi, terus konsisten dan lurus melakukan pemberantasan korupsi.


“Maka lakukanlah dengan profesional, intensif, dan berkesinambungan serta dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya harus bersifat independen dan bebas dari pengaruh serta intervensi kekuasaan mana pun,” tandasnya. (Fauzi)

Bagikan:

Komentar