|
Menu Close Menu

Kuatkan Budaya Literasi, Gus Amri Dorong Penambahan Anggaran Perpusnas

Senin, 12 Juni 2023 | 19.53 WIB

Komisi X DPR RI usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mitra kerjanya. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jakarta-  Anggaran Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menjadi mendapatkan perhatian khusus dari anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Mohammad Haerul Amri. Politisi yang akrab disapa Gus Amri ini  mendukung tambahan anggaran untuk Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pada 2024. Hal tersebut diharapkan dapat menguatkan budaya literasi di masyarakat.


Dukungan tersebut disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi X DPR RI bersama Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, Jumat  (9/6), telah disetujui usulan pagu indikatif Perpusnas pada RAPBN Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp721,1 miliar. Dalam rapat tersebut Komisi X juga menyetujui usulan tambahan anggaran sebesar Rp383,1 miliar.


"Dengan anggaran ini kami harap lebih terasa di masyarakat. Kami pun mendukung usulan tambahan anggaran 2024 sebagai upaya untuk penguatan budaya literasi," ujar Gus Amri.


Lebih lanjut Gus Amri mendorong Perpusnas agar memfasilitasi masyarakat kurang mampu lewat pagu indikatif tersebut. Pasalnya, masih banyak yang belum merasakan manfaat Perpusnas.


"Perpusnas harus hadir sebagai pemecah masalah lewat program-program yang digulirkan, bukan menjadi bagian dari masalah," tandas Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif Versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini.


Pada kesempatan tersebut, Muhammad Syarif Bando berharap tambahan anggaran yang diusulkan dapat diperjuangkan di Badan Anggaran DPR RI. Menurutnya, masih banyak kebutuhan perpustakaan di daerah, baik bahan bacaan, fasilitas perpustakaan bergerak, maupun pembangunan fisik perpustakaan.


"Kami harap anggaran tambahan ini dapat diperjuangkan agar setidaknya dapat menambah anggaran dan memperkecil beban kita yang sangat besar, terutama dalam upaya mengubah cara berpikir masyarakat," kata dia. (Tim)

Bagikan:

Komentar