|
Menu Close Menu

Pemkab Sumenep Bagikan Ratusan Sembako

Sabtu, 17 Juni 2023 | 05.02 WIB

Hj. Dewi Khalifah, Wakil Bupati Sumenep saat dalam acara  pembagian sembako bagi Lansia dan Disabilitas di Pendopo Agung Kabupaten Sumenep. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos dan P3A) setempat bagikan sembako kepada lansia dan disabilitas.


Diketahui, kegiatan yang berlangsung pada Jumat (16/06/2023) di Pendopo Agung Keraton Sumenep itu, diikuti sebanyak 300 orang yang terdiri dari 150 Lanjut Usia (Lansia) dan penyandang disabilitas sebanyak 150 orang sebagai penerima sembako.


Wakil Bupati (Wabub) Sumenep, Hj. Dewi Khalifah mengatakan bahwa bantuan tersebut bisa membantu mengurangi beban kehidupan sosial bagi lansia dan penyandang disabilitas, guna meningkatkan motivasi dan kualitas hidup mereka.


Pasalnya, Pemkab Sumenep memiliki komitmen tinggi, untuk terus membantu dan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi.


“Kami berkomitmen untuk terus memberikan Bantuan Sosial (Bansos) pada masyarakat kurang mampu, sesuai dengan kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) setiap tahun,” ungkapnya, Jumat (16/06/2023).


Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Nyi Eva itu, memaparkan bantuan sosial yang nilainya mencapai Rp. 1 Juta setiap penerima itu berupa paket sembako, nutrisi, dan perlengkapan kebersihan.


"Bantuan ini berupa beras 20 kilogram, 2 liter minyak goreng, 1 kilogram gula pasir, 1 botol kecap manis, 2 buah sarden, 2 kotak susu instan, biskuit, madu, handuk, sabun mandi cair, pasta gigi, sikat gigi dan goodle bag," katanya merinci.


Wabup Sumenep menambahkan,  meminta doa dari segenap masyarakat, supaya kepemimpinannya bersama Bupati Achmad Fauzi memiliki kemampuan, agar mampu melayani dengan maksimal untuk membangun Kabupaten Sumenep di segala sektor, termasuk memberikan bantuan sosial ini.


“Mudah-mudahan, bantuan sosial yang diberikan pemerintah daerah ini, membawa manfaat dan meringankan beban para penerima. Kita mendoakan bersama-sama selalu diberikan kesehatan," harapnya.


Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kadinsos dan P3A) Kabupaten Sumenep, Achmad Dzulkarnain mengungkapkan, jumlah penerima manfaat bantuan sosial sebanyak 300 orang, perinciannya lanjut usia (lansia) sebanyak 150 orang dan penyandang disabilitas sebanyak 150 orang. 


"Lansia penerima manfaat, meliputi kecamatan daratan sebanyak 120 orang dan kepulauan sebanyak 30 orang, sedangkan penyandang disabilitas untuk kecamatan wilayah daratan sebanyak 136 orang dan kecamatan kepulauan sebanyak 14 orang," ungkapnya.


Pria yang akrab disapa Dzulkarnain itu menambahkan, sembako yang diberikan kepada 300 orang yang terdiri dari 150 Lanjut Usia (Lansia) dan penyandang disabilitas sebanyak 150 orang itu bersumber dari APBD melalui Dinsos dan P3A Sumenep.


"Jadi, untuk pembiayaan bansos ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep tahun 2023," pungkasnya. (Zi)

Bagikan:

Komentar