|
Menu Close Menu

Reaktivasi Kereta Api Adalah Momentum Kebangkitan Madura

Senin, 05 Juni 2023 | 08.25 WIB




Oleh : Suryadi, SP.

Ketua LPMK Sumenep


Lensajatim.id, Opini- Pro-kontra reaktivasi kereta api di Madura menarik minat saya untuk ikut nimbrung. Sudah banyak tokoh nasional, regional dan daerah yang ikut memberi sumbangsih gagasan. Ada yang lewat kritik menolak rekativasi, ada juga yang pro dengan mendukung gagasan pemerintah pusat tersebut.


Mulai dari tokoh pemuda, aktivis, politisi, pengamat dan beragam elemen masyarakat ikut memberi argumentasi. Lewat berbagai platform media sosial semua beradu gagasan, dengan berbagai macam hipotesa dan alat analisis dalam mendukung dan menolak.


Bagi saya pribadi, ada empat momentum kebangkitan Madura menuju ke arah pembangunan yang lebih baik.


Pertama, momentum dibangunnya jembatan Suramadu. Dengan segala pro-kontra yang menghiasi, sekarang semua orang menikmatinya. Mungkin termasuk mereka yang dulu menolaknya. Manfaatnya pun sudah kita nikmati, terutama cepatnya akses tranportasi madura-surabaya.


Momentum kedua adalah reaktivasi jalur kereta api. Ini sebagai penanda, bahwa, pembangunan dimadura akan terus berlanjut kearah momentum selanjutnya sebagai langkah dalam mewujudkan pembangunan yang ada. Dimana jika reaktivasi kereta api ini terwujud, akan berdampak pada kebijakan pembangunan lainnya yang tentu akan memberi keuntungan tersendiri bagi Madura.


Tiga, pembangunan jalan tol lintas Madura. Seiring dengan meningkatnya beragam aktivitas sosial-ekonomi masyarakat Madura, maka nantinya pembangunan jalan tol lintas Madura akan menjadi alternatif dan kebutuhan. Langkah ini akan menjadi momentum memodernisasi Madura dari berbagai sektor.


Empat, adalah pembangunan bandara berskala nasional. Hal ini akan jadi sebuah eskalasi tersendiri bagi Madura dalam kancah nasional, atau bahkan internasional. Tidak bisa dipungkiri, akan banyak sekali manfaat yang dibisa dirasakan oleh masyarakat Madura jika empat momentum itu benar-benar bisa terwujud. Baik dari segi ekonomi, politik, sosial, dan budaya.


Contoh nyata, dalam jangka pendek, jika empat momentum pembangunan itu terealisasi maka yang akan kena imbas mamfaatnya adalah maju dan berkembangnya sektor pariwisata, investor akan banyak masuk, peningkatan jumlah tenaga kerja, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pelan-pelan akan naik, jumlah kemiskinan berkurang, dan empat kabupatennya pelan-pelan juga akan keluar sebagai daerah termiskin di Jawa timur. 


Oleh karena itu, saya memberi apresiasi tersendiri jika ada tokoh politik, aktivis, dan elemen masyarakat di Madura yang menyuarakan empat momentum kebangkitan Madura tersebut. 


momentum terakhir, sebagai puncak dari proses akselerasi pembangunan dan gagasan mewujudkan Madura maju dan sejahtera, adalah pembentukan provinsi madura. Meski terasa sulit, karena terbentur dengan berbagai hal kebijakan politik nasional, pelan-pelan insyaallah hal ini akan jadi mandat perjuangan politik seluruh masyarakat Madura.  Semoga terwujud. Aamiin



Bagikan:

Komentar