|
Menu Close Menu

Sembelih Hewan Kurban, Rektor UNIPRA : Upaya Mendekatkan Diri kepada Allah

Jumat, 30 Juni 2023 | 18.33 WIB

Pengurus Yayasan didampingi Rektor UNIPRA saat menyerahkan sapi kurban ke tim jagal. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Universitas W.R Supratman (UNIPRA) turut meriahkan hari raya Idul Adha 1444 H/2023 M, pada hari Jum'at 30/6/2023 dengan berkurban sapi dan kambing. 


Proses penyembelihan hewan kurban tersebut, dilaksanakan di lapangan UNIPRA belakang, dimulai pukul 09.30 selesai jam 13.00, diawali penyerahan hewan qurban kepada tim qurban untuk di potong dan dibagikan kepada yang berhak menerima qurban, terutama para civitas akademika unipra.


Rektor UNIPRA, Bachrul Amiq, mengatakan, sebelum proses penyembelihan hewan kurban seluruh civitas akademik melaksanakan sholat hajat terlebih dahulu musholla An- Nur Unipra. Setelah itu baru dilanjut proses penyembelihan hewan kurban. Pihaknya sangat bersyukur karena pada tahun ini UNIPRA bisa berkurban. 


"Alhamdulillah pada Idul Adha tahun ini (1444 H./2023). Kami (pimpinan, dosen Unipra dan Yayasan Perbanding)) masih diberikan rezeki dan kesempatan untuk berkurban satu sapi dan tiga kambing. Yang qurban adalah pimpinan unipra, pimpinan yayasan dan dosen," saat diwawancarai setelah penyerahan hewan qurban.


Lebih lanjut, Amiq menerangkan, bahwa qurban ini berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar UNIPRA dimudahkan semua urusan oleh Allah.


"Qurban ini berupaya mendekatkan civitas unipra kepada Allah SWT. Agar unipra dicintai sama Allah dan dimudahkan semua urusannya," imbuhnya. 


Amiq berharap Idul Adha di tahun berikutnya bisa lebih banyak lagi hewan-hewan kurbannya, sehingga daging-daging bisa di distribusikan lebih banyak lagi ke masyarakat. 


"Mudah-mudahan tahun depan nambah hewannya sebagai indicator unipra makin sejahtera," pungkasnya. 


Di sisi lain, Wakil Rektor II UNIPRA sekaligus sebagai penanggung jawab pemotongan hewan Bambang Poedjojono, mengungkapkan, bahwasanya UNIPRA dalam dua tahun kemaren tidak melaksanakan pemotongan hewan kurban dikarenakan adanya virus covid-19 yang merajalela di seluruh belahan dunia. 


Sekarang di tahun 1444 H./ 2023 M ini, UNIPRA kembali lagi memperingati hari raya idul Adha dengan secara langsung berkurban menyembelih sapi dan kambing. 


"Kita mulai lagi (pemotongan hewan qurban) Karena sudah tidak pandemi cuman kita tidak melakukan sholat Id," ungkapnya. 



Orang yang kerap kali di sapa Poedjo mengestimasi, bahwasanya daging hewan kurban ini diperkirakan bisa mencapai ratusan bungkus. Dan nantinya daging hewan kurban ini akan di berikan ke civitas akademik. 


"Mungkin 150 an paket daging dan ini hanya untuk internal saja untuk dosen, karyawan dan mahasiswa," tukasnya. 


Sementara, Mashuri Ketua Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) merasa gembira, karena pada dua tahun terakhir tidak ada kegiatan penyembelihan hewan kurban. 


"Saya sangat senang sekali dengan diadakannya penyembelihan hewan kurban yang selama ini sempat tertunda karena wabah Covid- 19 yang sedikit mengganggu kegiatan internal kampus, salah satunya yang terdampak ialah kegiatan kerohanian Islam," tandasnya. (Had)

Bagikan:

Komentar