|
Menu Close Menu

Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Upaya sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

Selasa, 27 Juni 2023 | 22.30 WIB

Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Komunitas Belajar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep tahun 2023. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Sumenep –Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) sukses menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Komunitas Belajar.


Kegiatan yang dipusatkan di Hotel C1 Jalan Sultan Abdurrahman Desa Kolor Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep itu,  diikuti tenaga pendidik mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Diketahui, Workshop peningkatan kompetensi melalui komunitas belajar tahun 2023, dilaksanakan mulai tanggal 26 Juni hingga 27 Juni 2023 mendatang.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Agus Dwi Saputra, SSos, MSi mengatakan kegiatan Workshop itu diharapkan para guru harus dapat menyesuaikan dan mengikuti perkembangan zaman tidak ketinggalan teknologi sehingga menciptakan anak didik berkualitas.


"Workshop ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi guru melalui komunitas belajar sesuai dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)," katanya dalam sambutannya, Senin (26/06/2023) kemaren.


Mantan Kadisperindag Kabupaten Sumenep itu menyebut bahwa sekarang ini bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah memiliki aplikasi merdeka belajar yang isinya terdapat kumpulan komunitas guru yang saling berbagi untuk meningkatkan karakter anak didik.


“Digelar Workshop ini tidak lain untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai pilar pendidikan yang menekankan pada karakter, kompetensi dan literasi. Dimana saat ini kita (Guru-red) dituntut berhasil dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila,” kata Agus Dwi Saputra, SSos, MSi.


Pihaknya menambahkan, agar guru tidak mudah puas dengan pembelajaran yang ada, akan tetapi diharapkan untuk selalu mengembangkan kreativitas dan inovasi ditengah kecanggihan teknologi yang ada.


“Kalau kita mau menciptakan anak didik profil Pancasila, maka guru harus siap terlebih dahulu, karena dalam profil Pancasila itu ada karakter, inovasi, kolaborasi, kreatif dan lain sebagainya. Dan yang paling penting guru bisa menjadi suri tauladan yang baik bagi anak didiknya,” pungkasnya. (Zi)

Bagikan:

Komentar